Kompas TV nasional sosial

Liburan Sekolah Bisa Tetap Aman dan Seru di Tengah Pandemi Covid-19, Begini Jurus dari Psikolog UGM

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 19:24 WIB
liburan-sekolah-bisa-tetap-aman-dan-seru-di-tengah-pandemi-covid-19-begini-jurus-dari-psikolog-ugm
Ilustrasi Psikolog UGM Diana Setiyawati berbagi cara mengisi libur sekolah tetap seru dan aman sekalipun masih berada di tengah pandemi Covid-19. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Psikolog UGM Diana Setiyawati berbagi cara mengisi libur sekolah tetap seru dan aman sekalipun masih berada di tengah pandemi Covid-19. Salah satu caranya, membuat program kreatif terencana untuk waktu keluarga.

“Misalnya main kuis, masak bersama, dan kegiatan lain sambil diskusi tentang keluarga,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (27/12/2021).

Dosen Fakultas Psikologi ini juga menyarankan orangtua untuk merencanakan rutinitas yang berbeda dari biasanya supaya liburan terasa unik bagi anak. Ia mencontohkan jika ada tugas yang diberikan dari sekolah, maka anak bisa mengerjakannya bersama-sama dengan keluarga.

Baca Juga: Mengisi Libur Sekolah Dengan Balap Sepeda

Menurut Diana, liburan tidak harus diisi dengan berlibur ke luar rumah terlebih saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.  Apabila ingin menghabiskan waktu liburan dengan tetap di rumah, maka ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga.

Selain membuat acara seru bersama keluarga seperti memasak, bermain bersama dan lainnya, liburan di rumah juga dapat diisi dengan mengikuti program online. Misal, piknik online, bioskop online, dan kegiatan seru online lainnya. 

Baca Juga: Libur Sekolah TK-SMP di Kota Tangerang Digeser, Ini Jadwal Terbarunya

Namun jika masa libur sekolah diisi dengan kegiatan ke luar rumah, Diana mengimbau untuk berlibur dengan memilih destinasi wisata yang aman. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan, memilih moda transportasi yang aman, serta pemilihan waktu yang tepat.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x