Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem 10 Hari ke Depan, Daerah Ini Waspada Banjir

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 09:38 WIB
peringatan-dini-bmkg-potensi-cuaca-ekstrem-10-hari-ke-depan-daerah-ini-waspada-banjir
Ilustrasi fenomena alam hidrometeorologi. Warga melihat kondisi lokasi tanah longsor dan banjir bandang di Kampung Suruluk, Desa Wangunjaya, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir di sejumlah wilayah sebagai dampak cuaca ekstrem.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A Fachri Radjab, Jumat (8/10/2021), mengatakan, secara umum kondisi atmosfer di sebagian besar wilayah Indonesia masih cukup basah untuk sepekan ke depan. Terutama di wilayah barat dan tengah.

Terdapat indikasi potensi curah hujan tinggi lebih dari 70 persen hingga satu dasarian ke depan dengan status waspada, siaga hingga awas. 

Wilayah yang masuk kategori awas adalah Yahukimo, Provinsi Papua.

Kategori siaga di Kaimana Provinsi Papua Barat, Asmat, Dogiyai, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Yalimo, Provinsi Papua.

Sementara kategori waspada di Kaimana, Manokwari, Tambrauw, Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat dan Boven Digoel, Jaya Wijaya, Jayapura, Keerom, Lanny Jaya, Mappi, Memberamo Raya, Puncak Jaya, Sarmi, Tolikara, Provinsi Papua.

Baca Juga: Saat Ilmu Titen 'Ambyar' Gara-gara Perubahan Iklim, Kepala BMKG: Tak Bisa Lagi jadi Pegangan Nelayan

Peringatan Potensi Banjir

Berdasarkan peringatan dini yang dirilis BMKG pada Jumat (8/10/2021), pada dasarian I (10 hari pertama) Oktober 2021, daerah yang perlu waspada kategori tinggi potensi banjir adalah Kabupaten Dogiyai, Mimika, Nabire, dan Paniai, Provinsi Papua.

Sedangkan kategori menengah, yaitu Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sintang Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Potensi menengah juga berlaku di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Jayapura, Jayawijaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mimika, Nabire, Paniai, Yalimo, Provinsi Papua.

Sementara pada dasarian II Oktober 2021, daerah yang perlu waspada untuk kategori menengah adalah Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Paniai, Jayapura, Jayawijaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mimika, Nabire, Paniai, Yalimo, Provinsi Papua.

Baca Juga: 5 Provinsi Ini Waspada Cuaca Ekstrem akibat Bibit Siklon Tropis 92W



Sumber : Kompas TV/BMKG

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.