Kompas TV nasional update corona

Segini Harga Vaksin Virus Corona Perkiraan Erick Thohir

Kompas.tv - 5 September 2020, 20:23 WIB
segini-harga-vaksin-virus-corona-perkiraan-erick-thohir
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau KPCPEN, Erick Thohir. (Sumber: Biro Pers Sekretariat)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir mengatakan harga vaksin virus corona atau Covid-19 nilainya bervariasi.

Menurut dia, harga jual vaksin virus corona tergantung kepada masing-masing penjual. Itu sebabnya, Indonesia disebutnya harus memiliki vaksin sendiri.

"Harga itu dinamikanya tinggi, tergantung masing-masing penjual, yang tetapkan bukan saya, tapi penjualnya," kata Erick Thohir pada Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga: Puluhan Juta Peserta BPJS Kesehatan akan Dapat Vaksin Corona Gratis, Apa Syaratnya?

"Karena itu vaksin merah putih harus kita buat supaya kalau negara lain mau beli vaksin kita tetapkan harganya."

Namun demikian, kata Erick, kualitas vaksin virus corona tetap sama meskipun ada perbedaan harga dan merek.

"Kalau ditanya kenapa vaksin ada yang 5 dolar, 8 dolar, 20 dolar. Kalau dibilang karena kualitas, tidak juga, semuanya bagus, sudah uji klinis ketiga," ucap Menteri BUMN itu.

Erick menyebut, harga vaksin yang berbeda-beda bisa disebabkan oleh biaya penemuan yang mahal atau kapasitas produksi yang rendah.

Baca Juga: Vaksin Corona Buatan Indonesia Mulai Tahap Uji Coba pada Hewan

Lebih lanjut, Erick mengatakan, pemberian vaksin corona akan dilakukan dalam dua skema. Tahap pertama melalui bantuan pemerintah, dan kedua secara mandiri.

"Nanti ada sinkronisasi jadwal data, jadi bukan juga diputarbalikkan seakan-akan pemerintah cari uang, pemerintah punya yang gratis," ucap Erick.

Dia memastikan vaksin virus corona yang akan diberikan kepada masyarakat secara gratis bukan vaksin yang berharga murah.

Pemberian vaksin gratis tersebut, kata dia, semata-mata karena Negara hadir untuk rakyatnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.