Kompas TV lifestyle kesehatan

Viral di Tiktok "POV Terkena ADHD", Awas! Jangan Self Diagnosis, Dampaknya Berbahaya

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 11:10 WIB
viral-di-tiktok-pov-terkena-adhd-awas-jangan-self-diagnosis-dampaknya-berbahaya
Viral di TikTok video POV ADHD, Apa Itu? (Sumber: TikTok)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini sedang viral di TikTok tentang perilaku penderita ADHD. Banyak yang mengunggah konten berjudul "POV Terkena ADHD" yang artinya point of view (sudut pandang) mereka yang menderita ADHD.

Diketahui, ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah kondisi gangguan mental ketika ada masalah dalam perkembangan dan aktivitas otak yang mempengaruhi perhatian, hiperaktivitas, dan pengendalian diri.

Sebuah unggahan video yang diunggah oleh akun TikTok ini, dilihat Rabu (7/6/2023) memperlihatkan seseorang sedang berjalan namun terlihat tidak fokus berjalan. Tangannya kerap menyenggol daun, memungut ranting dan kakinya menendang batu. Perilaku tersebut diklaim sebagai perilaku saat terkena ADHD. 

"POV ADHD," tulis keterangan video yang sudah disukai lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan lebih dari 13.000 komentar warganet.

Baca Juga: Apa Itu ADHD? Ciri-ciri pada Anak dan Dewasa, Contoh Kasus dan Penyebab

Video dengan caption serupa juga diunggah oleh akun TikTok ini  yang memperlihatkan seseorang sedang menaiki elevator namun kakinya tidak bisa diam. Video berikutnya memperlihatkan orang yang tiba-tiba melepas tutup kaleng dan memasukkannya ke dalam kaleng. Video berikutnya memperlihatkan seseorang mengambil kaos kaki dengan kakinya.

Perilaku dalam video tersebut diklaim pengunggah video sebagai "POV ADHD". Video tersebut sudah dilihat lebih dari 8 juta penonton dan dikomentari 8 ribu pengguna.

Di kolom komentar banyak netizen yang mengaku memiliki perilaku yang sama dengan pengunggah video, bahkan tidak sedikit yang mengklaim menderita ADHD hanya berdasarkan kesamaan perilaku tersebut.

"Ternyata aku sama seperti dia," tulis salah satu netizen.

"Nji** ternyata aku ADHD," tulis netizen lainnya

"Serius nnya ADHD itu emang pnyakit apaan bg? bahaya? soalnya smua gjala2 yg abg bikin ada smua," tulis netizen lagi.

Apa Itu ADHD?

Melansir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair), ADHD adalah gangguan neuropsikiatri yang mempengaruhi cara kerja otak. Ditandai dengan sikap seseorang yang hiperaktif, sulit fokus, dan melakukan tindakan impulsif lainnya.

Baca Juga: Anak Dengan ADHD, Gejala Dan Penangannya - AYO SEHHAT

Kondisi umumnya dialami pada masa kanak-kanak dan berlanjut sampai dewasa jika tidak diberikan penanganan yang tepat.

Banyak penelitian mengungkapkan ADHD sering komorbiditas dengan beberapa gangguan kejiwaan seperti gangguan perilaku, ketidakmampuan belajar, depresi, dan gangguan kecemasan.



Sumber : Kompas TV, Kemkes.go.id, unair.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x