Kompas TV lifestyle tren

Sejarah, Tema dan Logo Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023, Diperingati Tiap 7 Juni

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 06:20 WIB
sejarah-tema-dan-logo-hari-keamanan-pangan-sedunia-2023-diperingati-tiap-7-juni
Ilustrasi Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Rabu (7/6/2023) diperingati sebagai Hari Keamanan Pangan Sedunia atau World Food Safety Day (WFSD).

Tahun ini merupakan peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia yang ke-5, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hari Keamanan Pangan Sedunia diperingati tiap 7 Juni untuk menginspirasi tindakan membantu mencegah, mendeteksi, dan mengelola risiko bawaan makanan.

Selain itu, WHO juga mengajak masyarakat dunia untuk berkontribusi pada ketahanan pangan, kesehatan manusia, kemakmuran ekonomi, produksi pertanian, akses pasar, pariwisata dan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Sejarah dan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Diperingati Tiap 5 Juni

Tema dan Logo Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023

Melansir PAN American World Organization (PAHO), tema tahun Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 adalah "Standar Pangan Menyelamatkan Kehidupan".

Standar tidak hanya memberikan panduan kepada petani dan pengolah tentang penanganan makanan yang higienis, tetapi juga menentukan tingkat maksimum bahan tambahan dan kontaminan, di antara komponen lainnya, yang dapat dikonsumsi dengan aman.

Pemerintah, organisasi, dan badan regional atau antar pemerintah bertanggung jawab untuk menetapkan standar tersebut. "Keamanan pangan adalah urusan semua orang" adalah slogan Hari Keamanan Pangan Sedunia.

Adapun logo Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 yang telah dikeluarkan oleh WHO dapat diunduh di sini.

Sejarah Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023

Mengutip un.org, setiap tahunnya, 600 juta orang sakit karena 200 jenis penyakit berbeda yang dapat ditularkan melalui makanan.

Baca Juga: Tradisi Pindapata, Umat Budha Denpasar Menunggu di Pinggir Jalan, Berderma Makanan ke Para Biksu

Kaum muda dan populasi dengan sumber daya terbatas termasuk yang paling terpengaruh. Penyakit bawaan makanan menyebabkan 420.000 kematian setiap tahun.

Komisi Codex Alimentarius pada sesi ke-39, yang diadakan pada tahun 2016, dengan suara bulat setuju untuk mempromosikan proposal untuk memproklamirkan Hari Keamanan Pangan Sedunia secara permanen dalam kerangka Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sesi ke-40 Konferensi Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada Juli 2017 mengadopsi resolusi untuk mendukung Hari Keamanan Pangan Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan dukungan mereka pada Desember 2017.

Kosta Rika mengumumkan niat mereka untuk membawa resolusi ke Komite Kedua Majelis Umum selama pertemuan tentang pembangunan berkelanjutan di Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York pada 12 Juli 2018.

Proposal untuk menetapkan Hari Keamanan Pangan Sedunia diajukan ke Komite Kedua sesi ke-73 Majelis Umum PBB. Setelah diskusi pada Oktober atau November 2018, proposal tersebut disetujui dan dibawa ke Majelis Umum untuk adopsi akhir.

Pada 20 Desember 2018 Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi 73/250 yang memproklamasikan Hari Keamanan Pangan Sedunia. Mulai tahun 2019, setiap tanggal 7 Juni ditetapkan sebagai World Food Safety Day (WFSD).

Pada3 Agustus 2020, Majelis Kesehatan Dunia mengeluarkan resolusi WHA73.5 untuk mengakui Hari Keamanan Pangan Dunia sebagai tonggak penting dan platform untuk meningkatkan kesadaran di semua tingkatan.

Hal itu terkait pentingnya keamanan pangan, dan memfasilitasi tindakan pencegahan penyakit pada tingkat lokal, nasional, regional dan global.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x