Kompas TV lifestyle tren

Sejarah Hari Peduli Sedunia atau World Caring Day 2023, Ini Cara Merayakannya

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 06:00 WIB
sejarah-hari-peduli-sedunia-atau-world-caring-day-2023-ini-cara-merayakannya
Ilustrasi Hari Peduli Sedunia yang diperingati tiap 7 Juni (Sumber: pixabay)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Peduli Sedunia atau World Caring Day diperingati tiap 7 Juni untuk memberi kesempatan setiap orang mengekspresikan kepeduliannya terhadap orang yang disayangi.

Hari Peduli Sedunia diinisiasi oleh organisasi nirlaba CaringBridge. Tujuannya untuk mendorong setiap orang untuk menghargai mereka yang peduli, dan untuk peduli pada mereka sama banyaknya.

Sejarah Hari Peduli Sedunia

Melansir National Today, Rabu (7/6/2023), Hari Peduli Sedunia terinspirasi dari Sona Mehring, seorang pengusaha Amerika yang mendirikan organisasi nirlaba CaringBridge.

Pada 7 Juni 1997, ia membuat situs web CaringBridge pertama yang membuat layanan gratis untuk komunikasi antara teman dan keluarga yang menginformasikan ketika seseorang menghadapi masalah kesehatan.

Baca Juga: PWKI Blora Bagi-Bagi Takjil Buka Puasa: Ungkapan Kasih Sayang dan Toleransi Antar Umat Beragama

Ini cukup revolusioner, mengingat tidak ada platform media sosial terkemuka yang ada saat itu. Tindakan kepedulian yang sederhana ini memicu efek domino, menghasilkan jaringan global.

CaringBridge menjadi sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menghubungkan keluarga dan teman dengan orang yang mereka cintai selama perjalanan kesehatan dan membantu mereka memberikan perawatan, kenyamanan, dan dukungan yang tak tergoyahkan.

Pada tahun 2021, diperkirakan 45 juta orang dari seluruh dunia mengunjungi website CaringBridge, dengan 1.900 pesan harapan dan kepedulian untuk orang terkasih.

Pada tahun 2022, gagasan untuk merayakan Hari Peduli Sedunia yang pertama kali diprakarsai oleh CaringBridge.

Setiap orang diundang untuk menginspirasi orang lain melalui cerita tentang harapan dan kepedulian, dan untuk mengenali, berterima kasih, dan merayakan mereka yang bekerja ekstra untuk menunjukkan kepedulian mereka. 

Baca Juga: Rahmah atau Kasih Sayang adalah Ajaran Islam yang Sangat Penting | Kurma

Cara Merayakan Hari Peduli Sedunia

1. Bagikan Cerita

Bagikan cerita Anda di media sosial tentang rasa kepedulian dan kasih sayang agar bisa menjadi inspirasi orang lain.

2. Tunjukkan kepedulian untuk orang tersayang

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga Anda, dengarkan mereka, dan rawat mereka dengan cara apa pun yang Anda bisa. Hanya melakukan percakapan dari hati ke hati yang bermakna dapat menghasilkan keajaiban.

3. Bagikan di media sosial

Bagikan Hari Peduli Sedunia ke media sosial agar banyak orang yang menyadari akan pentingnya mengekspresikan kepedulian untuk orang tersayang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x