Kompas TV lifestyle tren

Sejarah Hari Orang Tua Sedunia 2023, Ini Ucapan untuk Ayah dan Ibu yang Menyentuh Hati

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 06:35 WIB
sejarah-hari-orang-tua-sedunia-2023-ini-ucapan-untuk-ayah-dan-ibu-yang-menyentuh-hati
Ilustrasi. Hari Orang Tua Sedunia 2023 (Sumber: NDTV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Orang Tua Sedunia atau Global Day of Parents diperingati tiap 1 Juni setiap tahunnya untuk mengormati peran ayah dan ibu.

Selama ini, msayarakat di seluruh dunia sudah mengenal Hari Ibu dan Hari Ayah baik secara nasional dan internasional.

Lantas, mengapa masih ada Orang Tua Sedunia dan dirayakan setiap 1 Juni? 

Sejarah Hari Orang Tua Sedunia

Melansir un.org, Kamis (1/6/2023), selama tahun 1980-an, Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai memusatkan perhatian pada isu-isu yang berkaitan dengan keluarga.

Pada tahun 1983, berdasarkan rekomendasi Dewan Ekonomi dan Sosial, Komisi Pembangunan Sosial dalam resolusinya tentang Peran Keluarga dalam Proses Pembangunan (1983/23) meminta Sekretaris Jenderal untuk meningkatkan kesadaran di antara para pembuat keputusan dan publik tentang masalah dan kebutuhan keluarga, serta cara-cara efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Peringati Hari Ibu, Warga Binaan Lapas Anak Basuh Kaki Orang Tua

Dalam resolusinya 44/82 tanggal 9 Desember 1989, Majelis Umum memproklamasikan tahun 1994 sebagai Tahun Keluarga Internasional; dan dalam resolusi 47/237 tahun 1993, Majelis Umum memutuskan bahwa tanggal 15 Mei setiap tahun diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional.

Akhirnya, pada 2012, Majelis Umum memproklamirkan 1 Juni sebagai Hari Orang Tua Sedunia.

Peringatan ini tidak terlepas dari pentingnya peran keluarga dalam membesarkan anak, Hari Orang Tua Sedunia mengakui bahwa keluarga memiliki tanggung jawab utama untuk mengasuh dan melindungi anak.

Untuk perkembangan kepribadiannya yang utuh dan harmonis, anak-anak harus tumbuh dalam lingkungan keluarga dan dalam suasana kebahagiaan, cinta dan pengertian.



Sumber : un.org

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.