Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Inggris Perkuat Kerja Sama, Apa Saja?

Kompas.tv - 15 Januari 2020, 06:12 WIB
indonesia-inggris-perkuat-kerja-sama-apa-saja
Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Mahendra Siregar bersalaman dengan Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler (Sumber: Kemlu)
Penulis : Abdur Rahim

Jakarta, Kompas TV - Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler berkunjung ke Indonesia dari tanggal 13, hingga 15 Januari, 2020.

Ini merupakan kunjungan Heather yang pertama kalinya ke Indonesia sejak menduduki jabatannya pada Juli 2019 kemarin.

Dalam kunjungannya tersebut, ia bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Mahendra Siregar di Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Pertemuan tersebut menyepakati beberapa bentuk kerja sama antar kedua negara, Inggris dan Indonesia.

“Inggris merupakan salah satu mitra dagang penting di Eropa dan investor besar di Indonesia,” Ujar Mahendra Siregar saat menerima kunjungan Menteri Asia Pasifik Inggris.

Wamenlu RI menambahkan, Inggris menjadi prioritas penting bagi penguatan diplomasi ekonomi Indonesia di kawasan Eropa.

Usai pertemuan tersebut, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang-bidang yang potensial seperti perdagangan, investasi, industri kreatif, termasuk teknologi digital di sektor keuangan (Fintech), energi, khususnya energi terbuarkan, pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia, maritim, dan lain lain.

Menteri Inggris untuk Asia Pasifik, Heather Wheeler menyambut baik kerja sama tersebut.

Menteri Luar Negeri Inggris Heather Wheeler menandatangani perjanjian bilateral, dan disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, Mahendra Siregar (Sumber: Kemlu)

Menurutnya, hal ini dianggap penting sebagai langkah konkret dalam mempersiapkan kerja sama ekonomi antara RI dan Inggris setelah Brexit.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Mahendra Siregar juga menyampaikan rencana Indonesia menjadi tuan rumah World Economic Forum – ASEAN Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum pada Juli 2020.

Wamenlu juga mengundan Inggris untuk berpartisipasi pada Halal Industry Summit yang juga diselenggarakan pada akhir 2020 di Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.