Kompas TV internasional kompas dunia

Harmonature Pukau Ribuan Penonton di Bulgaria, Sederet Musisi Indonesia Ambil Bagian

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 18:20 WIB
harmonature-pukau-ribuan-penonton-di-bulgaria-sederet-musisi-indonesia-ambil-bagian
Pergelaran seni dan budaya Indonesia yang digelar KBRI Sofia bertajuk Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara sukses memukau ribuan pengunjung Bulgaria dan mancanegara di Ancient Theater Plovdiv, Bulgaria, Kamis (8/6/2023). (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pergelaran seni dan budaya Indonesia yang digelar KBRI Sofia bertajuk Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara sukses memukau ribuan pengunjung lokal dan mancanegara di Ancient Theater Plovdiv, Bulgaria, Kamis (8/6/2023).

Pergelaran selama dua jam tersebut turut dihadiri oleh para pejabat tinggi Pemerintah Bulgaria di antaranya Ivana Shalapatova (Menteri Ketenagakerjaan dan Kebijakan Sosial), Zdravko Dimitrov (Wali Kota Plovdiv) beserta jajarannya, para duta besar negara sahabat, serta pengusaha Bulgaria.

Sederet musisi dalam negeri ikut memeriahkan pegelaran tersebut. Ethnocestra yang dipimpin oleh pengarah musik ternama, Erwin Gutawa, secara langsung mengiringi seluruh tarian, lagu, pagelaran busana, hingga pertunjukan wayang di Harmonature.

Dedikasi seluruh musisi memadukan alat musik tradisional Indonesia dan alat musik modern dapat dirasakan seluruh pengunjung.

Woro Mustiko, dalang putri dari Kota Solo, menyanyikan lagu Lathi berduet dengan Petya Paneva, pemenang Bulgaria Got Talent 2021.

Penyanyi Sandhy Sondoro dalam lagu keduanya menyanyikan To be One, ciptaan Erwin Gutawa yang mengajak pendengar untuk bersatu dan mengesampingkan perbedaan.

Sementara Gabriel Harvianto atau Gabhoy menyanyikan lagu Bulgaria, Hubava si Moya Goro, yang menceritakan tentang kekayaan alam negeri tersebut dan arti pentingnya alam bagi masyarakatnya.

Baca Juga: WNA Bulgaria Bobol ATM di Madiun, Polisi Sebut Dalam 45 Menit Kuras Rp285 Juta

Penampilan ini mendapat sambutan sangat hangat bahkan sejak intro. Para penonton pun turut menyanyi bersama Gabhoy.

Di akhir lagu, Gabhoy mendapatkan standing ovation dari pengunjung yang terkesan dengan kepiawaiannya menyanyikan lagu Bulgaria.

Proyeksi atau pemetaan 3D oleh art director Jay Subiakto dan Taba Sanchabakhtiar, menyajikan seni visual untuk melengkapi alunan musik Ethnochestra, suara merdu penyanyi Indonesia dan Bulgaria serta gerak lekuk penari.

Keindahan alam Indonesia dan Ibu Kota Nusantara dipancarkan ke dinding dan lantai Ancient Theater untuk para hadirin.

Menurut Duta Besar Iwan Bogananta, melalui Harmonature, pemahaman antarbudaya antara Indonesia dan Bulgaria akan semakin mendalam.

Publik Bulgaria akan semakin memahami transformasi perubahan pola pikir masyarakat Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 melalui relokasi IKN.

Baca Juga: Bulgaria Usir 70 Diplomat Rusia, Lavrov Janjikan Pembalasan: Mereka ‘Disuapi’ Amerika

“Di dalam dunia yang penuh dengan ketidakpastian dan perbedaan, hanya seni yang dapat menyatukan kita. Mari kita rayakan persahabatan Indonesia dan Bulgaria melalui Harmonature,” ujar Dubes Iwan dalam pidato pembukaannya, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.tv, Sabtu (10/6/2023).


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.