Kompas TV internasional kompas dunia

Anna 'Delvey' Sorokin Meluncurkan Podcast dari Dalam Tahanan Rumah, Ingin Perbaiki Citra Buruk

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 07:52 WIB
anna-delvey-sorokin-meluncurkan-podcast-dari-dalam-tahanan-rumah-ingin-perbaiki-citra-buruk
Anna Sorokin, duduk di kursi terdakwa dalam sidang di Mahkamah Agung Negara Bagian New York pada 25 April 2019. Sorokin, yang menginspirasi serial Netflix, Inventing Anna, dibebaskan dari tahanan imigrasi dan kini berada dalam tahanan rumah, kata seorang juru bicara pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Pada Juni 2023, dia meluncurkan podcast dari tahanan rumah. (Sumber: AP Photo/Richard Drew)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV – Anna 'Delvey' Sorokin yang menjadi tahanan rumah karena kasus penipuan, meluncurkan podcast untuk memperbaiki citranya di mata publik.

"Begitu banyak orang menjadi terkenal karena hal-hal buruk dan mampu mengubahnya menjadi sesuatu yang berbeda," katanya seperti dikutip dari The Associated Press, yang mewawancarainya di apartemennya di East Village.

“Tema utama podcast saya adalah pelanggaran aturan yang produktif,” katanya. Dia pun meluncurkan channel podcast yang diberinya judul “Anna Delvey Show.”

Untuk saat ini, dia ingin menata kembali citra publiknya yang dikenal dunia karena reputasi sebagai penipu ulung.

“Saya dalam tahanan rumah 24/7. Saya hanya diizinkan pergi untuk check-in pembebasan bersyarat saya, atau untuk keadaan darurat medis,” katanya. Dia pun harus memakai alat pemantau pergelangan kaki selama dalam tahanan rumah.

Baca Juga: Anna Sorokin, Penipu yang Menginspirasi Serial 'Inventing Anna', Bebas dari Penjara Imigrasi AS

Anna Sorokin dipenjara karena menyamar sebagai Anna Delvey. Dia berbohong dan mengaku memiliki dana perwalian sebesar $ 67 juta untuk mengajukan pinjaman, melunasi utang, dan mengamankan bangunan bersejarah untuk klub seni swasta. 

Dia juga mengaku sebagai putri seorang diplomat atau raja minyak. Akhirnya dia ditangkap pada akhir 2017, dan dihukum pada 2019 atas berbagai tuduhan pencurian dan penipuan karena menipu bank, hotel, dan warga New York yang kaya.

Dia dijatuhi hukuman empat hingga 12 tahun penjara. Namun, setelah menjalani tiga tahun penjara - sekitar setengah hukumannya berada di kompleks penjara Pulau Rikers - Sorokin, yang merupakan seorang warga negara Jerman, ditahan oleh Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai Amerika Serikat.

Kemudian dia dibebaskan setelah memberikan jaminan sebesar $ 10.000 untuk mendapatkan kurungan rumah, sambil menunggu sidang deportasi.

Sekarang dia memanfaatkan waktunya di rumah dengan meluncurkan serial podcast mingguan yang dia harap akan memberikan cerita dari sisinya, juga akan menampilkan berbagai pakar dan tamu selebriti. 

Percakapan Sorokin dengan Julia Fox, "Pharma Bro" Martin Shkreli dan Ottessa Moshfegh akan hadir di episode mendatang, menurut Reunion Audio, perusahaan podcast yang menaunginya. 

Kasus penipuan Sorokin pernah difilmkan menjadi serial Netflix “Inventing Anna”. Sosok Anna Sorokin diperankan oleh Julia Garner, dan serial ini masuk menjadi nominasi Emmy Award. 

Baca Juga: Sukses Besar! The Glory 2 Menempati Top Global Netflix

"Inventing Anna" terinspirasi oleh peristiwa nyata, tetapi setiap episode menyertakan pemberitahuan bahwa bahwa ceritanya berdasarkan cerita asli, namun ada beberapa bagian yang merupakan rekaan. 

“Saya tahu beberapa hal seperti pasti tidak terjadi," kata Sorokin. "Tapi bukan hak saya untuk duduk di sini dan membahas seri sepotong demi sepotong, karena ini benar-benar interpretasi pembuat serial," ujarnya.

Podcast memberinya kesempatan untuk mengambil kembali kendali atas narasi cerita hidupnya.

Selama berada di balik jeruji besi, Sorokin menyebut penjara sebagai "pengalaman transformatif", dengan mengatakan bahwa dia bukan lagi orang yang sama, seperti yang ditangkap pada tahun 2017.

“Sudah lima tahun, sedikit lebih dari lima tahun sejak saya ditangkap. Jadi, saya berubah. Saya belajar banyak,” katanya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x