Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Klaim Terus Melawan Rusia Pasca Deklarasi Kemenangan Rusia di Bakhmut

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 00:05 WIB
ukraina-klaim-terus-melawan-rusia-pasca-deklarasi-kemenangan-rusia-di-bakhmut
Tentara Ukraina di parit pertahanan dekat Bakhmut. Ukraina mengeklaim terus melakukan perlawanan dalam pertempuran Bakhmut, pasca delkarasi kemenangan Rusia menguasai kota tersebut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PINGGIRAN BAKHMUT, KOMPAS.TV - Dengan memperhatikan gambar dari kamera drone di atasnya, komandan batalyon Ukraina, Oleg Shiryaev, memperingatkan para prajuritnya yang berada di parit terdekat bahwa pasukan Rusia sedang maju melintasi sebuah lapangan menuju sekelompok pohon di luar Kota Bakhmut.

Pemimpin Batalyon 228 Brigade Pertahanan Teritorial Kharkiv ke-127 itu kemudian memerintahkan tim mortir untuk bersiap. Sebuah sasaran terkunci. Tabung mortir meledak dengan suara keras berwarna oranye, dan ledakan itu membuat kawah baru di bukit yang sudah berlubang.

"Kita terus maju," kata Shiryaev setelah setidaknya satu gambar drone menunjukkan seorang pejuang Rusia terjatuh. "Kita berjuang untuk setiap pohon, setiap parit, setiap perlindungan," seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Minggu (4/6/2023).

Pasukan Rusia menyatakan kemenangan di Bakhmut bulan lalu setelah pertempuran terpanjang dan paling mematikan sejak serangan penuh mereka terhadap Ukraina dimulai 15 bulan yang lalu. Tetapi pasukan Ukraina seperti Shiryaev tidak mundur.

Sebaliknya, mereka terus menekan dan melanjutkan perjuangan dari posisi di pinggiran barat Bakhmut.

Tindakan penolakan ini membuat para komandan di Moskow harus memikirkan hal lain menjelang serangan balik Ukraina yang sangat dinantikan yang diklaim sedang disiapkan.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, mengatakan Rusia berusaha menciptakan kesan ketenangan di sekitar Bakhmut, tetapi pada kenyataannya, serangan artileri masih terus berlanjut dengan tingkat yang sama seperti pada puncak pertempuran untuk merebut kota tersebut. Pertempuran ini, katanya, sedang berubah menjadi fase baru.

Baca Juga: Prabowo Usulkan Solusi Konflik Rusia-Ukraina: Genjatan Senjata, Bentuk Zona Demiliterisasi


"Pertempuran di wilayah Bakhmut belum berhenti; masih berlangsung, hanya mengalami bentuk yang berbeda," kata Maliar, yang mengenakan seragam militer khasnya dalam wawancara dari pusat media militer di Kiev. Pasukan Rusia sekarang mencoba, tetapi gagal, mengusir pasukan Ukraina dari "ketinggian yang dominan" yang mengawasi Bakhmut.

"Kami mempertahankan wilayah ini dengan sangat teguh," katanya.

Dalam perspektif Kremlin, wilayah di sekitar Bakhmut hanya merupakan bagian dari garis depan seluas lebih dari 1.000 kilometer yang harus dipegang oleh militer Rusia. Tugas tersebut dapat menjadi lebih sulit dengan penarikan pasukan bayaran dari kelompok kontraktor militer swasta Wagner yang membantu mengendalikan kota tersebut. Mereka akan digantikan oleh tentara Rusia.

Bagi pasukan Ukraina, pekerjaan belakangan ini dilakukan secara oportunistik, mencoba merebut keuntungan kecil dari musuh dan menduduki posisi strategis, terutama dari dua sisi di sebelah barat laut dan barat daya, di mana Brigade Serbu Terpisah ke-3 Ukraina aktif, kata pejabat.

Rusia membayangkan penaklukan Bakhmut sebagai pemenuhan sebagian ambisinya untuk mengendalikan wilayah Donbas timur, jantung industri Ukraina. Sekarang, pasukan Rusia terpaksa mengatur ulang, mengganti personel, dan mempersenjatai diri kembali hanya untuk mempertahankan kota tersebut. Pemilik Wagner mengumumkan penarikan setelah mengakui kerugian lebih dari 20.000 pasukannya.

Maliar menggambarkan perjuangan selama sembilan bulan melawan pasukan Wagner dengan kata-kata yang hampir eksistensial. "Jika mereka tidak dihancurkan selama pertahanan Bakhmut, dapat dibayangkan puluhan ribu pasukan tersebut akan maju lebih jauh ke dalam wilayah Ukraina."



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x