Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Bertemu Menhan China, Tingkatkan Kerja Sama Jakarta-Beijing

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 16:56 WIB
prabowo-bertemu-menhan-china-tingkatkan-kerja-sama-jakarta-beijing
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan China Li Shangfu dalam pertemuan membahas kerja sama di Shangri-La Hotel, Singapura, Minggu (4/6/2023). (Sumber: Handout Humas Kementerian Pertahanan RI via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan China Li Shangfu di sela Konferensi Dialog Shangri-La di Singapura, Minggu (4/6/2023). Prabowo menyebut pertemuan ini dalam rangka meningkatkan kerja sama Indonesia-China.

Prabowo menyatakan ia mendukung optimalisasi hubungan Jakarta-Beijing demi mencapai kemitraan strategis yang komprehensif.

"Saya menginginkan kerja sama RI-China ditingkatkan. Oleh karena itu, pembentukan forum RI-China 2+2 sangat penting," kata Prabowo, Minggu, dikutip Antara.

"Forum ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama komprehensif antara kedua negara secara signifikan, khususnya di bidang pertahanan dan keamanan di masa mendatang," lanjutnya.

Baca Juga: Ketua DPD Gerindra Ungkap Kelebihan Prabowo di Hadapan Kader GRIB Jaya: Setidaknya Ada 5 T

Prabowo menambahkan, hubungan Indonesia dan China mestinya terus dipertahankan layaknya hubungan saudara.

Hal ini sejalan dengan upaya Indonesia untuk selalu berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai upaya kerja sama guna mendorong terciptanya perdamaian dan stabilitas regional serta global.

Hubungan Indonesia-China sendiri sebelumnya telah diperkuat dengan adanya forum pertemuan bilateral tahunan, yaitu Defence Industry Cooperation Meeting (DICM).

Tercatat, ada beberapa perusahaan China telah menjalin kerja sama dengan perusahaan Indonesia seperti PT LEN, PTDI dan PT DAHANA.

"Saya berharap kerja sama dan persahabatan antara kedua negara terus dipertahankan dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati," kata Prabowo.

Baca Juga: Kemlu Ukraina Tolak Solusi Damai Prabowo: Rusia Harus Mundur, Tak Ada Skenario Alternatif


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.