Kompas TV internasional kompas dunia

Peluncuran Satelit Mata-Mata Korea Utara Gagal saat Roket Jatuh ke Laut, padahal Sudah Gembar-gembor

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 21:14 WIB
peluncuran-satelit-mata-mata-korea-utara-gagal-saat-roket-jatuh-ke-laut-padahal-sudah-gembar-gembor
Upaya Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata pertama negara tersebut ke luar angkasa gagal pada hari Rabu (31/5/2023), menjadi kegagalan bagi pemimpin Kim Jong Un dalam usahanya meningkatkan kemampuan militer dan ketegangan dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV - Upaya Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata pertama negara tersebut ke luar angkasa gagal pada hari Rabu (31/5/2023). Ini menjadi kegagalan bagi pemimpin Kim Jong Un dalam usahanya meningkatkan kemampuan militer dan ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

Setelah mengakui kegagalan peluncuran, Korea Utara berjanji melakukan peluncuran kedua setelah mengetahui apa yang salah peluncuran pertamanya.

Hal ini menunjukkan Kim tetap bertekad memperluas persenjataan dan memberikan tekanan lebih kepada Washington dan Seoul ketika diplomasi terhenti.

Korea Selatan dan Jepang sejenak mengimbau penduduk mencari perlindungan selama peluncuran tersebut.

Militer Korea Selatan mengatakan mereka sedang menyelamatkan benda yang diduga merupakan bagian dari roket Korea Utara yang jatuh di perairan 200 kilometer (124 mil) di sebelah barat pulau Eocheongdo di barat daya. Kemudian, Kementerian Pertahanan merilis foto sebuah silinder logam putih yang dideskripsikan sebagai bagian roket yang diduga.

Peluncuran satelit oleh Korea Utara merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang negara tersebut melakukan peluncuran apapun berbasis teknologi balistik.

Para pengamat mengatakan peluncuran satelit sebelumnya oleh Korea Utara telah membantu meningkatkan teknologi rudal jarak jauh.

Uji coba rudal jarak jauh Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan jangkauan potensial yang bisa mencapai seluruh daratan AS, tetapi para ahli luar negeri mengatakan Korea Utara masih harus melakukan beberapa pekerjaan mendapatkan rudal nuklir yang berfungsi.

Baca Juga: Siap-siap, Korea Utara Akan Luncurkan Satelit Mata-mata Militer Pertama pada Juni

Benda asing yang diangkat AL Korea Selatan, diduga reruntuhan roket Korea Utara. Setelah mengakui kegagalan peluncuran, Korea Utara berjanji melakukan peluncuran kedua setelah mengetahui apa yang salah peluncuran pertamanya. (Sumber: AP Photo)

Roket Chollima-1 yang baru dikembangkan diluncurkan pada pukul 6:37 pagi di Pusat Peluncuran Satelit Sohae di bagian barat laut negara itu, membawa satelit Malligyong-1.

Roket itu jatuh di lepas pantai Semenanjung Korea setelah kehilangan dorongan setelah tahap pertama dan tahap kedua terpisah, demikian yang dilaporkan oleh Kantor Berita Resmi Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA).

Militer Korea Selatan mengatakan roket Korea Utara mengalami "penerbangan yang tidak normal" sebelum jatuh ke air. Menteri Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno, mengatakan kepada wartawan tidak ada benda yang diyakini mencapai luar angkasa.

Media Korea Utara mengatakan badan antariksa negara tersebut akan menyelidiki apa yang mereka sebut "cacat serius yang terungkap" oleh peluncuran ini dan akan melakukan peluncuran kedua secepat mungkin.

"Memang mengesankan ketika rezim Korea Utara mengakui kegagalan, tetapi akan sulit menyembunyikan fakta kegagalan peluncuran satelit secara internasional, dan rezim kemungkinan akan memberikan narasi yang berbeda di dalam negeri," kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul. "Hasil ini juga menunjukkan Pyongyang mungkin akan melakukan provokasi lainnya segera, sebagian mengatasi kegagalan hari ini."

Adam Hodge, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat, dalam pernyataannya mengutuk peluncuran Korea Utara karena menggunakan teknologi rudal balistik yang dilarang, meningkatkan ketegangan, dan membahayakan keamanan di wilayah tersebut dan di luar wilayah tersebut.

PBB memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Korea Utara karena peluncuran satelit dan rudal balistik sebelumnya, tetapi tidak merespons uji coba terbaru karena Tiongkok dan Rusia, anggota tetap Dewan Keamanan yang sedang terlibat dalam konfrontasi dengan AS, telah menghalangi upaya memperketat sanksi.

Militer Seoul mengatakan mereka meningkatkan kesiapan militer secara bersamaan dengan Amerika Serikat, dan Jepang mengatakan mereka siap merespons setiap keadaan darurat. AS mengatakan mereka akan mengambil semua langkah yang diperlukan memastikan keamanan tanah air Amerika dan pertahanan Korea Selatan dan Jepang.

Baca Juga: Yudas Jadi Sebutan Warga Korea Utara untuk Informan Pemerintah yang Khianati Orang Terdekatnya

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, berjanji akan meningkatkan persenjataan nuklirnya dengan cara yang lebih praktis dan offensif saat ia bertemu dengan pejabat militer senior untuk membahas persiapan perang negaranya menghadapi latihan militer Korea Selatan, seperti laporan media Korea Utara KCNA (Sumber: KCNA/AP Photo)


Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.