Kompas TV internasional kompas dunia

Tragis! Nenek Berusia 95 Tahun Tewas Setelah Ditembak Polisi dengan Pistol Bius

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 06:20 WIB
tragis-nenek-berusia-95-tahun-tewas-setelah-ditembak-polisi-dengan-pistol-bius
Claire Nowland pada ulang tahunnya ke-80 tahun 2008. Pada Rabu (24/5/2023) polisi mengumumkan kematiannya setelah seminggu lalu dia ditembak dengan menggunakan pistol setrum oleh polisi. (Sumber: News Corp Australia)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

CANBERRA, KOMPAS.TV - Seorang wanita Australia berusia 95 tahun tewas pada Rabu (24/5/2023), seminggu setelah seorang petugas polisi menembaknya dengan pistol bius di sebuah panti jompo.

Saat itu perempuan tua yang bernama Clare Nowland bergerak ke arah seorang polisi dengan menggunakan alat bantu jalan dan membawa sebuah pisau steak. Tragedi ini memicu kemarahan publik di Australia.

Nowland adalah penderita demensia yang dirawat di rumah sakit di Cooma, negara bagian New South Wales, Australia. Pada 17 Mei lalu, seorang polisi bernama Kristian White menembaknya dengan pistol setrum. Nowland langsung terjatuh hingga menyebabkan tengkoraknya retak.

Baca Juga: Turis Asal Australia Pelaku Penganiaya Warga Minta Korban Berdamai

Setelah kematiannya, kepolisian Australia mengumumkan kejadian tersebut dan menyebutkan, White telah diperintahkan untuk hadir di pengadilan pada tanggal 5 Juli mendatang.

White menghadapi tuduhan telah melakukan tindakan sembrono yang menyebabkan cedera tubuh parah pada orang lain, penyerangan yang menyebabkan cedera tubuh, serta penyerangan umum. Tuduhan atas White kemungkinan akan ditingkatkan setelah kematian Nowland.


 

White dan petugas polisi lainnya datang ke Yallambee Lodge, sebuah panti jompo di Cooma yang berspesialisasi pada penghuni dengan perawatan berkebutuhan tinggi, termasuk demensia. Petugas kepolisian datang setelah mendapat laporan bahwa Nowland telah mengambil sebuah pisau steak bergerigi di dapur.

Kekerasan terhadap seorang lansia dan wanita yang tidak berdaya telah memicu perdebatan nasional tentang penggunaan senjata bius oleh polisi dalam keadaan seperti itu dan kompetensi staf perawatan lanjut usia. Polisi diizinkan menggunakan senjata bius saat nyawa dalam bahaya.

Baca Juga: Detik-Detik Rekaman Tim Penyelamatan Otoritas Australia saat Temukan 11 Nelayan Asal Indonesia

Seperti dikutip dari The Associated Press, petugas koroner masih akan menentukan lebih lanjut tentang penyebab kematian. Polisi mengatakan luka-luka yang didapatkan Nowland didapatkan akibat jatuh ke lantai, bukan karena tembakan dari pistol setrum yang digunakan White.

White telah berada di bawah penyelidikan internal polisi sejak insiden itu dan telah diskors dari tugas dengan gaji sejak Selasa lalu.

White dan rekan polisinya pada hari itu memiliki gambar kejadian tersebut dari kamera yang ditempelkan pada tubuh mereka, tetapi polisi menolak untuk merilis rekaman video tersebut.
 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x