Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Tangkap Wartawan Amerika Serikat atas Tuduhan Spionase

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 17:35 WIB
rusia-tangkap-wartawan-amerika-serikat-atas-tuduhan-spionase
Badan keamanan tertinggi Rusia, FSB, menangkap seorang wartawan Amerika Serikat (AS) dari Wall Street Journal, Evan Gershkovich, atas tuduhan spionase. (Sumber: Wall Street Journal)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra
Badan keamanan tertinggi Rusia, FSB, menangkap seorang wartawan Amerika Serikat (AS) dari Wall Street Journal, Evan Gershkovich, atas tuduhan spionase. (Sumber: Wall Street Journal)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Badan keamanan tertinggi Rusia, FSB, menangkap seorang wartawan Amerika Serikat (AS) dari Wall Street Journal, Evan Gershkovich, atas tuduhan spionase.

Gershkovich diduga mencoba mendapatkan informasi rahasia dan ditahan di kota pegunungan Ural, Yekaterinburg. Ini menjadi kali pertama seorang koresponden AS ditahan atas tuduhan mata-mata sejak Perang Dingin, seperti dilaporkan Associated Press, Kamis (30/3/2023).

Wall Street Journal mengungkapkan mereka sangat khawatir akan keselamatan Gershkovich, yang ditangkap di tengah ketegangan yang tinggi antara Barat dan Moskow atas perang di Ukraina.

Gershkovich adalah wartawan AS pertama yang ditangkap atas tuduhan spionase di Rusia sejak September 1986, ketika Nicholas Daniloff, seorang koresponden Moskow untuk U.S. News and World Report, ditangkap KGB.

FSB mengeklaim Gershkovich "sedang bertindak atas perintah AS untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan salah satu perusahaan dari kompleks industri militer Rusia yang merupakan rahasia negara."

Gershkovich sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait tuduhan ini.

FSB tidak menyebutkan kapan penangkapan itu dilakukan. Gershkovich bisa menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara jika terbukti bersalah atas spionase.

Baca Juga: Jubir Putin Sebut Rusia sedang Perangi Barat: Bakal Bertahan untuk Waktu yang Lama

Sebuah mobil melewati gedung Dinas Keamanan Federal Rusia, FSB, di Lapangan Lubyanskaya di Moskow, Rusia, Senin, 24 Juli 2017. (Sumber: AP Photo)

 

Sebagai koresponden Wall Street Journal di Moskow, Gershkovich meliput berita dari Rusia, Ukraina, dan negara-negara bekas Uni Soviet.

Meskipun ia punya akreditasi wartawan dari Kementerian Luar Negeri Rusia untuk bekerja sebagai jurnalis, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan Gershkovich menggunakan kredensial jurnalistiknya sebagai tirai untuk "kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan jurnalisme".

Laporan terakhir Gershkovich dari Moskow, yang diterbitkan awal minggu ini, fokus pada perlambatan ekonomi Rusia karena sanksi Barat yang diberlakukan ketika pasukan Rusia menyerbu Ukraina tahun lalu.

Penangkapan Gershkovich terjadi menyusul pertukaran tahanan pada Desember 2022 antara AS dan Rusia, di mana bintang WNBA, Brittney Griner, dibebaskan setelah sepuluh bulan di balik jeruji besi, dan ditukar dengan pedagang senjata, Viktor Bout.

Warga AS lainnya, Paul Whelan, seorang eksekutif keamanan korporat di Michigan, telah dipenjara di Rusia sejak Desember 2018 atas tuduhan spionase. Pihak keluarga dan pemerintah AS menyebut tuduhan itu tidak berdasar.


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.