Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Telepon Putra Mahkota Arab Saudi, Dukung Habis-habisan Perdamaian Negara Itu dengan Iran

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 18:30 WIB
xi-jinping-telepon-putra-mahkota-arab-saudi-dukung-habis-habisan-perdamaian-negara-itu-dengan-iran
Presiden China Xi Jinping bertelepon dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud, memberikan dukungan habis-habisan untuk upaya pembicaraan lanjutan Arab Saudi dan Iran. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV – Presiden China Xi Jinping bertelepon dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud, memberikan dukungan habis-habisan untuk upaya pembicaraan lanjutan Arab Saudi dan Iran, seperti dilaporkan media pemerintah CCTV, Selasa (28/3/2023).

Xi Jinping pada awal Maret membantu memfasilitasi kesepakatan mengejutkan antara saingan Timur Tengah Iran dan Arab Saudi untuk memulihkan hubungan diplomatik, menampilkan pengaruh terbaru China yang makin tumbuh di kawasan Timur Tengah di tengah menurunnya pengaruh Amerika Serikat (AS).

Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS, yang juga Perdana Menteri Arab Saudi, menyuarakan penghargaan atas prakarsa China untuk mendukung "upaya mengembangkan hubungan bertetangga yang baik" antara muslim Sunni Arab Saudi dan Syiah Iran, kata kantor berita negara Saudi SPA.

Kedua pemimpin menekankan pentingnya hubungan strategis antara Arab Saudi, pengekspor minyak utama dunia dan kekuatan ekonomi China, mitra dagang utama negara-negara Teluk, tambahnya.

Xi mengatakan kedua negara akan dengan tegas mendukung satu sama lain dalam isu-isu yang melibatkan kepentingan inti masing-masing, dan memberikan lebih banyak kontribusi untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di Timur Tengah, lapor media pemerintah.

Seperti laporan Xinhua, China menyatakan siap bekerja sama habis-habisan bersama Arab Saudi untuk membangun lebih banyak perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di Tengah Timur, kata Presiden China Xi Jinping, Selasa (28/3).

Baca Juga: Alasan Mengejutkan China Jadi Perantara Perdamaian Arab Saudi dan Iran: Karena AS Tak Jujur

Presiden China Xi Jinping dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. Presiden China Xi Jinping bertelepon dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud, memberikan dukungan habis-habisan untuk upaya pembicaraan lanjutan Arab Saudi dan Iran. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Xi membuat pernyataan selama pembicaraan teleponnya dengan Putra Mahkota Saudi dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman Al Saud.

Xi mengatakan China siap bekerja sama dengan Arab Saudi untuk mengimplementasikan hasil kunjungan kenegaraannya ke Arab Saudi, KTT negara-negara China-Arab pertama, dan KTT Dewan Kerjasama China-Teluk tahun lalu. Xi juga menyebut China akan terus saling mendukung dengan tegas dalam isu-isu yang melibatkan kepentingan inti masing-masing negara.

Awal pekan ini, raksasa minyak Saudi, Aramco meningkatkan investasi bernilai miliaran dolar di China dengan dua kesepakatan terbesar yang akan diumumkan sejak Xi mengunjungi kerajaan itu pada bulan Desember, di mana ia menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin Teluk Arab.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya makin aktif merenggangkan diri dari AS yang selama ini menjadi penjamin keamanan utama kawasan tersebut dan bergerak mendiversifikasi mitra dengan memperhatikan kepentingan ekonomi dan keamanan nasional masing-masing.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Iran juga akan saling bertemu selama bulan suci Ramadan untuk menghidupkan kembali hubungan setelah bertahun-tahun permusuhan yang mengancam stabilitas di Teluk dan membantu memicu konflik di Timur Tengah.


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Xinhua/SPA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.