Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Inggris Raya Titip Pesan ke Xi Jinping, Minta Putin Hentikan Pengeboman Ukraina

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 00:00 WIB
inggris-raya-titip-pesan-ke-xi-jinping-minta-putin-hentikan-pengeboman-ukraina
Arsip. Prajurit Ukraina mengendarai tank menuju posisi di garis depan di dekat Bakhmut, Ukraina, Rabu, 8 Maret 2023. Pemerintah Inggris Raya meminta Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin agar berhenti membombardir Ukraina. Hal tersebut disampaikan pemerintahan Rishi Sunak seiring kunjungan Xi Jinping ke Moskow, Senin (20/3/2023). (Sumber: AP Photo/Evgeniy Maloletka)

LONDON, KOMPAS.TV - Pemerintah Inggris Raya meminta Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin agar berhenti membombardir Ukraina. Hal tersebut disampaikan pemerintahan Rishi Sunak seiring kunjungan Xi Jinping ke Moskow, Senin (20/3/2023).

Seorang juru bicara Rishi Sunak menyampaikan bahwa Xi semestinya memanfaatkan momen kunjungan itu untuk mendesak Putin agar "berhenti mengebom kota-kota, rumah sakit, dan sekolah-sekolah Ukraina."

Baca Juga: Xi Jinping: Keamanan Jadi Pondasi Pembangunan China ke Depan

"China sebelumnya sudah berbicara tentang pentingnya menghormati kedaulatan dan integritas teritorial di Ukraina," kata juru bicara tersebut dikutip The Guardian, Senin (20/3).

"Kami ingin melihat Presiden Xi mendukung poin ini ketika dia berbicara dengan Putin. Perang dan serbuan terhadap kedaulatan Ukraina bisa berhenti hari ini jika Rusia menarik pasukan dari Ukraina," lanjutnya.

Xi Jinping sendiri menggelar kunjungan tiga hari ke Rusia mulai Senin (20/3). Beijing dan Moskow menyebut lawatan Xi Jinping menjadi kesempatan memperdalam "persahabatan tanpa batas" China dan Rusia.

Xi Jinping disebut akan membahas upaya perdamaian di Ukraina dengan Putin. Sebelumnya, Beijing telah menawarkan proposal rencana damai untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina.

Sebaliknya, Vladimir Putin disebut bakal menjelaskan secara detail aksi Moskow di Ukraina kepada Xi Jinping. Pertemuan kedua kepala negara juga disebut akan membahas berbagai isu lain.

Baca Juga: Ledek Putin yang Berpidato dengan Mi di Kuping, Politikus Rusia Didenda

 



Sumber : The Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x