Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Korsel Geger Lihat UFO, Akhirnya Pemerintah Akui Luncurkan Roket Diam-Diam

Kompas.tv - 31 Desember 2022, 06:02 WIB
warga-korsel-geger-lihat-ufo-akhirnya-pemerintah-akui-luncurkan-roket-diam-diam
Peluncuran roket secara diam-diam oleh pemerintah Korea Selatan pada Jumat (30/12/2022) malam membuat geger warganya. (Sumber: AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

SEOUL, KOMPAS.TV - Kantor polisi di Korea Selatan (Korsel) menerima ratusan laporan dari warga terkait benda misterius bercahaya di atas langit negara mereka pada Jumat (30/12/2022) malam.

Setelah warga geger, Militer Korsel akhirnya mengonfirmasi sedang ada uji coba roket secara diam diam alias tanpa pengumuman.

Menukil laporan Associated Press, Kementerian Pertahanan setempat mengatakan peluncuran roket tersebut merupakan bagian dari upaya membangun kemampuan pengawasan berbasis ruang angkasa, sekaligus untuk meningkatkan kekuatan pertahanan.

Peluncuran dilakukan tanpa pengumuman karena hal ini dianggap sebagai masalah keamanan militer yang sensitif, terutama dengan negara tetangga Korea Utara.


Baca Juga: Hampir 1.700 Jurnalis Tewas di Seluruh Dunia dalam 20 Tahun Terakhir, atau 80 Jurnalis setiap Tahun

Sulur asap yang berkelok-kelok dalam balutan warna putih kemerahan terlihat meliuk-liuk di balik cahaya terang di beberapa bagian langit Korsel. Tak hanya warga yang geger, netizen juga ikut memviralkan kejadian ini di media sosial.

"Apa ini? Apakah ini UFO? Saya takut," kicau salah satu pengguna Twitter.

Ada pula yang curiga bahwa itu merupakan peluncuran rudal oleh Korea Utara, membuat mereka khawatir akan ancaman perang.

Lainnya mengira sedang ada pertunjukan cahaya drone hingga fenomena supernatural.

Baca Juga: Respons Latihan Militer AS-Korsel, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Adapun Korsel meluncurkan roket tersebut empat hari setelah mereka menuduh Korea Utara menerbangkan lima drone yang melintasi perbatasan pada Senin (27/12) lalu, pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Militer Korsel mendeteksi drone tersebut, tetapi gagal menembak jatuh mereka dan menyebabkan kekhawatiran keamanan tentang jaringan pertahanan udara. 

Adapun roket yang menggegerkan warga tadi malam merupakan tes lanjutan dari peluncuran Maret lalu.


 



Sumber : Kompas TV/AP

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.