Kompas TV internasional kompas dunia

Arkeolog Israel Ekskavasi Kompleks Makam Bidan yang Membantu Kelahiran Yesus Kristus di Yerusalem

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 21:18 WIB
arkeolog-israel-ekskavasi-kompleks-makam-bidan-yang-membantu-kelahiran-yesus-kristus-di-yerusalem
Interior gua di selatan Yerusalem yang diyakini menjadi kompleks pemakaman Salome, bidan yang membantu kelahiran Yesus Kristus. Foto diambil pada Selasa (20/12/2022). (Sumber: Maya Alleruzzo/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Tim arkeolog Israel dilaporkan melakukan ekskavasi di kompleks gua pemakaman yang disebut menjadi tempat bersemayamnya Salome, bidan yang membantu kelahiran Yesus Kristus. Otoritas Israel melaporkan ekskavasi baru ini telah dimulai di kawasan perbukitan selatan Yerusalem pada Selasa (20/12/2022).

Melansir Associated Press, kompleks pemakaman Yahudi ini diperikirakan berasal dari abad pertama Yahudi. Kemudian, umat Kristen mengasosiasikan kompleks pemakaman ini dengan Salome, bidan Yesus yang disebutkan dalam Injil.

Baca Juga: Mengenal Jumat Agung yang Jatuh pada 15 April 2022, Peringatan Penyaliban Yesus

Sebuah kapel era Bizantium dilaporkan dibangun di situs tersebut. Situs ini menjadi lokasi ziarah selama berabad-abad setelah dibangun.

Awalnya, kompleks yang diduga makam bidan Yesus ini telah diekskavasi arkeolog Israel berdekade-dekade lalu. Kini, halaman depan gua yang cukup luas tengah diekskavasi lagi seiring proyek pelacakan warisan budaya di kawasan Yerusalem.

Interior gua dilaporkan ditulisi dengan prasasti berbahasa Yunani dan Arab selama era Bizantium dan Islam. Inskripsi yang ada mengindikasikan kapel itu didedikasikan untuk Salome.

Direktur proyek ekskavasi ini, Ziv Firer menyebut peziarah umumnya memasuki gua dan berdoa sambil membawa lampu minyak.

"Kami menemukan sepuluh di antaranya, disertai dengan dekorasi indah tetumbuhan dan bunga-bunga," kata Firer.

Baca Juga: Shalat Id dan Perayaan Idulfitri di Kompleks Masjid Al Aqsa Yerusalem Berlangsung Damai dan Meriah


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.