Kompas TV internasional kompas dunia

The Long Walk di Istana Windsor: Mengantar Ratu ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Kompas.tv - 19 September 2022, 22:26 WIB
the-long-walk-di-istana-windsor-mengantar-ratu-ke-tempat-peristirahatan-terakhir
Kerumunan orang memadati pinggir jalur prosesi The Long Walk, upacara mengantar jenazah Ratu Elizabeth II ke tempat peristirahatan terakhirnya di Kapel St. George, Istana Windsor, Senin (19/9/2022). (Sumber: Alastair Grant/Associated Press)

LONDON, KOMPAS.TV - Peti jenazah Ratu Elizabeth II tiba di kompleks Istana Windsor, Senin (19/9/2022) sore waktu setempat atau malam waktu Indonesia. Arakan jenazah sang ratu telah disambut formasi yang telah siap mengiringinya ke dalam Windsor.

Mobil jenazah yang mengangkut Elizabeth II dilaporkan tiba di Gerbang Shaw Farm. Dari sini, jenazah dibawa ke kompleks istana melalui Jalan Albert.

Prosesi pengiringan jenazah sang ratu ke dalam Istana Windsor melalui prosesi yang dikenal sebagai “The Long Walk”.

Dalam prosesi “The Long Walk”, jenazah Ratu Elizabeth II dikawal oleh Angkatan Bersenjata Inggris Raya. Puluhan ribu orang pun memadati kedua sisi jalan yang dilintasi jenazah sang ratu.

Baca Juga: Masyarakat Berpelukan sambil Menangis saat Jenazah Ratu Elizabeth II Diarak di London

Nicola Carberry-Rogers, seorang pemimpin regu Angkatan Udara Kerajaan Inggris Raya, mengaku takjub dengan kemegahan dan kekhusyukan prosesi “The Long Walk” ke Windsor.

“Ini sebuah perasaan patriotism Inggris Raya yang hebat. Untuk melihat hasil (prosesi) yang besar ini tanpa gangguan pada hari spesial dalam sejarah Inggris Raya, Persemakmuran, dan dunia ini. Kita tidak akan melihat Ratu seperti ini dalam masa hidup kita,” kata Carberry-Rogers dikutip Telegraph.

Pemandangan udara prosesi The Long Walk mengantar jenazah Ratu Elizabeth II ke tempat peristirahatan terakhirnya di Kapel St. George, Istana Windsor, Senin (19/9/2022). (Sumber: Aaron Chown/Pool PA via AP)

Sementara itu, koresponden Kompas TV di London, Sofie Syarif melaporkan bahwa selain akan dimakamkan di samping suaminya, Pangeran Philip, jenazah Ratu Elizabeth II juga dimakamkan di samping kedua orangtuanya.

“Kenapa ada semacam upacara yang begitu sakral, selain karena yang meninggal adalah Ratu Elizabeth yang memerintah selama 70 tahun, selama 70 tahun pula belum pernah ada pemakaman anggota keluarga kerajaan dalam level setinggi ini,” kata Sofie.

Prosesi penguburan Ratu Elizabeth II sendiri akan dilakukan di Kapel St George, kompleks Istana Windsor, pada Senin (19/9) pukul 19.30 waktu setempat atau 01.30 WIB.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Negara-Negara Persemakmuran Diprediksi akan Lepas dari Kerajaan Inggris



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.