Kompas TV internasional kompas dunia

Kerajaan Arab Saudi Bikin Kejutan Manis, Dirikan Lembaga Pendidikan Musik Tradisional

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 17:39 WIB
kerajaan-arab-saudi-bikin-kejutan-manis-dirikan-lembaga-pendidikan-musik-tradisional
Komisi Musik Kerajaan Arab Saudi mendirikan Bait Al-Oud, lembaga pembinaan bagi bakat-bakat musik tanah air, seperti dilansir Arab News, Minggu, (9/1/2022). Bait Al-Oud bertujuan menjadi pusat pelatihan bagi para musisi yang akan dididik tentang cara memainkan oud dan peran alat musik tersebut dalam perkembangan budaya musik daerah. (Sumber: Tdrivas/Wikimedia Commons)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

JEDDAH, KOMPAS.TV - Komisi Musik Kerajaan Arab Saudi mendirikan Bait Al-Oud, lembaga pembinaan bagi bakat-bakat musik tanah air, seperti dilansir Arab News, Minggu (9/1/2022). 

Bait Al-Oud bertujuan menjadi pusat pembelajaran bagi para musisi agar mendapatkan pelatihan dalam memainkan alat musik tradisional Arab dan dididik tentang peran alat musik tersebut dalam mengembangkan budaya musik daerah.

Oud, yang berusia lebih dari 3.000 tahun, salah satu alat musik petik tertua dan terpenting dalam warisan musik dunia Arab dan punya peran penting dalam sejarah.

Komisi ini bertujuan untuk mengembangkan Bait Al-Oud menjadi pusat yang diakui secara global, menyebarkan kesadaran tentang alat musik Arab, khususnya oud, dan melestarikan warisan musik Arab.

“Oud adalah salah satu alat musik petik yang paling penting,” kata pemain oud, Hasan Iskandrani, kepada Arab News.

"Ini disebut 'sultan dari instrumen-instrumen' dan biasanya digunakan oleh komposer dalam membentuk melodi mereka."

Alat musik tradisional Arab seperti oud, duf, rebab, dan mizmar, yang digunakan dalam berbagai perayaan di Arab Saudi, memainkan peran utama dalam membangun budaya musik kerajaan tersebut dan berbagai bentuk ekspresi musiknya.

Ada berbagai jenis oud, termasuk jenis oud Irak, Suriah, Mesir, dan Turki, dan dimainkan dalam gaya yang berbeda di seluruh wilayah.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah Arab Saudi, Perempuan Boleh Ikut dalam Kontes Kecantikan Unta

Komisi Musik Kerajaan Arab Saudi mendirikan Bait Al-Oud, lembaga pembinaan bagi bakat-bakat musik tanah air, seperti dilansir Arab News, Minggu, (9/1/2022). Bait Al-Oud bertujuan menjadi pusat pelatihan bagi para musisi yang akan dididik tentang cara memainkan oud dan peran alat musik tersebut dalam perkembangan budaya musik daerah. (Sumber: Arab News)

Dalam beberapa dekade terakhir, Arab Saudi menjadi rumah bagi komposer, penyanyi, dan pemain oud berbakat.

Banyak orang di negara kerajaan tersebut menikmati karya Abadi Al-Jowhar, yang dikenal sebagai "Gurita Oud."

Di samping Al-Jowhar, ada nama Talal Salamah dan Aseel Abu Bakr Saleem yang hingga hari ini, mempengaruhi generasi baru pemain oud Saudi yang baru bermunculan.



Sumber : Kompas TV/Arab News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.