Kompas TV internasional kompas dunia

Mulai 1 Desember, Warga Indonesia Boleh Masuk Arab Saudi Tanpa Karantina 14 Hari

Kompas.tv - 26 November 2021, 09:41 WIB
mulai-1-desember-warga-indonesia-boleh-masuk-arab-saudi-tanpa-karantina-14-hari
Jemaah haji sedang bertawaf di Kaabah, Masjidil Haram, Makkah. Pemerintah Arab Saudi kini mengizinkan warga dari Indonesia dan 5 negara lainnya untuk menjalani karantina hanya 5 hari terlepas apapun jenis vaksin yang mereka gunakan (26/11/2021). (Sumber: Arab News)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV- Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan warga negara Indonesia dan 5 negara lainnya untuk masuk ke wilayahnya, tanpa karantina. Warga negara Indonesia, Pakistan, India, Mesir, Brazil, dan Vietnam boleh masuk Saudi tanpa menjalani karantina selama 14 hari.

Mengutip dari Antara, Jumat (26/11/2021), kebijakan tersebut akan berlaku efektif mulai 1 Desember 2021 pukul 01.00 dini hari. Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan itu setelah mencermati situasi penanganan  Covid-19 di 6 negara tersebut.

Setelah dilonggarkan, warga 6 negara tersebut hanya perlu menjalani karantina selama 5 hari, terlepas dari vaksin apapun yang mereka gunakan. Sementara negara-negara yang masih menghadapi larangan perjalanan adalah Turki, Ethiopia, Afghanistan dan Lebanon.

Di sisi lain, Pemerintah Arab Saudi menekankan pentingnya mematuhi penerapan protokol kesehatan untuk membendung penyebaran virus corona.

Baca Juga: Ternyata China Sempat Remehkan Indonesia, Sekarang Getol Investasi

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menemui Gubernur Makkah untuk membahas kesiapan pemerintah Indonesia memberangkatkan jamaah umrah.

Menag Yaqut menyampaikan kepada pihak Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud, penanganan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

"Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia secara umum sudah terkendali," kata Yaqut dalam siaran persnya, Senin (22/11/2021).

Dalam pertemuan itu, Yaqut juga menjelaskan edukasi yang terus dilakukan kepada calon jemaah haji dan umrah, terkait penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Genjot Bisnis Kargo, Garuda Gandeng Wallenborn Transports Kirim Barang ke Eropa Via Jalur Darat

Kepada Gubernur Makkah, Menag Yaqut mengatakan kementeriannya terus melakukan edukasi kepada calon jemaah haji dan umrah untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jemaah haji dan umrah," ujar Yaqut.

Selain itu, Yaqut juga menjelaskan tentang kebijakan umrah satu pintu yang diterapkan pemerintah Indonesia. Skema tersebut dimaksudkan agar memudahkan pengendalian, pengawasan, dan memastikan kesehatan, keamanan, dan keselamatan jemaah umrah yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Dengan skema ini, pemberangkatan dan pemulangan jemaah umrah pada tahap-tahap awal keberangkatan melalui satu titik, yaitu Bandara Soekarno Hatta. Asrama haji akan dijadikan sebagai titik awal keberangkatan jemaah umrah.

Baca Juga: Israel Mulai Suntikan Vaksin Pfrizer Ke Anak 5-11 Tahun

Kebijakan lainnya terkait dengan PCR bagi calon jemaah umrah dan difokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia yang direkomendasikan oleh pemerintah Saudi.

"Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia," ucap Yaqut.

Sementara itu, Gubernur Khalid bin Faisal Al Sa'ud menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada jemaah umrah dan haji Indonesia.

Namun, Gubernur Makkah kembali menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, penyelenggaraan umrah 1443 H dan juga haji,  masih dalam suasana pandemi.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.