Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Selatan Gratiskan Vaksinasi Covid-19 Kepada Seluruh Warganya

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 17:49 WIB
korea-selatan-gratiskan-vaksinasi-covid-19-kepada-seluruh-warganya
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengumumkan vaksinasi Covid-19 gratis bagi seluruh rakyat Korea Selatan, dan akan dilakukan secara bertahap seperti dilansir Associated Press 11 Januari 2021 (Sumber: Choi Jae-gu/Yonhap via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SEOUL, KOMPAS TV – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengumumkan vaksinasi Covid-19 gratis bagi seluruh rakyat Korea Selatan, dan akan dilakukan secara bertahap. Moon Jae-in mengumumkan hal tersebut pada pidato tahun baru hari Senin (11/01/2021) dan mengumumkan vaksinasi massal secara bertahap akan dimulai bulan Februari, demikian seperti dilansir Associated Press.

Pejabat Korea Selatan mengatakan mereka akan mengumpulkan vaksin untuk 56 juta orang, yang dianggap cukup bagi negara berpenduduk 52 juta orang itu. Selain itu, negara tersebut sedang membuat rencana terperinci  pelaksanaan vaksinasi, yang akan selesai akhir bulan Januari ini.

Target pertama vaksinasi Covid-19 adalah tenaga kesehatan, orang lanjut usia, orang dewasa denagn penyakit kronis, polisi, dan tentara.

Baca Juga: Bedah Kosmetik Laris Manis di Korea Selatan Mumpung Masih Wajib Masker Cegah Covid-19

Setelah melonjak selama beberapa minggu, tingkat penularan Covid-19 secara gradual melambat hasil dari pembatasan sosial yang ketat, termasuk pelarangan kerumunan lima orang atau lebih.

Hari Senin ini, Korea Selatan melaporkan 451 kasus penularan baru, pertama kalinya dibawah 500 penularan dalam 41 hari terakhir.

Jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 di negara itu secara keseluruhan mencapai 69,114 orang dengan 1,140 orang meninggal.

Presiden Moon mengatakan, “Ujung terowongan gelap ini akhirnya sudah mulai terlihat,” sambil menegaskan pemerintahannya akan melakukan yang terbaik untuk lebih jauh menghadang penyebaran pandemi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x