Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian di Tel Aviv: 99,9% Virus Covid-19 Mati Dalam 30 Detik Oleh Sinar Ultraviolet Dari LED

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 19:25 WIB
penelitian-di-tel-aviv-99-9-virus-covid-19-mati-dalam-30-detik-oleh-sinar-ultraviolet-dari-led
Penelitian di Tel Aviv menunjukkan, sinar ultraviolet dengan frekuensi tertentu yang dipancarkan dari LED dapat membersihkan virus dan kuman termasuk virus Covid-19 (Sumber: Wikipedia/Public Domain)
Penulis : Edwin Shri Bimo

TEL AVIV, KOMPAS TV - Sekelompok peneliti di Universitas Tel Aviv Israel membuktikan novel coronavirus, SARS-CoV-2 atau Covid-19 dapat dibasmi secara efektif, cepat dan murah menggunakan sinar ultraviolet yang terpancar dari LED pada frekuensi tertentu, demikian dilaporkan harian The Jerusalem Post pada Senin (28/12/2020).

“Kami temukan cukup mudah untuk membunuh virus corona menggunakan bohlam LED yang memancarkan radiasi sinar ultraviolet,” tutur Prof. Hadas Mamane, Kepala Program Rekayasa Lingkungan, Sekolah Rekayasa Mekanis di Universitas Tel Aviv.

Prof. Mamane melakukan penelitian tersebut bersama dua peneliti lain, Prof. Yoram Gerchman dan Dr. Michal Mandelboim. Prof Mamane mengatakan, bohlam LED ultraviolet hanya membutuhkan kurang dari 30 detik untuk membunuh 99,9% virus Covid-19.

Baca Juga: Erdogan Ingin Jalin Hubungan Baik, Israel Malah Curiga

Penelitian itu sementara menyimpulkan, dioda pemancar cahaya UV (LED UV) adalah teknologi baru dan sumber UV untuk inaktivasi patogen, namun panjang gelombang LED-UV yang rendah, mahal harganya dan memiliki laju fluence yang rendah.

Hasil penelitian menunjukkan sensitivitas virus Corona pada manusia (HCoV-OC43 yang digunakan sebagai pengganti SARS-CoV-2) ada pada panjang gelombang 267 nm ~ 279 nm> 286 nm> 297 nm.

Prof. Hadas Mamane dari Universitas Tel Aviv (Sumber: Tel Aviv University)

Virus lain juga punya hasil yang serupa, yang menunjukkan LED UV dengan emisi puncak pada ~ 286 nm dapat berfungsi sebagai alat yang efektif dalam membasmi virus Covid-19.

Radiasi ultraviolet adalah metode yang lazim digunakan untuk membunuh bakteria dan virus.

Harian Jerusalem Post melaporkan, penelitian ini adalah yang pertama, dan sebuah artikel tentang hal ini dipublikasikan di Journal of Photochemistry and Photobiology B: Biology.

LED (Light Emitting Diodes) banyak tersedia dalam berbagai variasi panjang gelombang, yang dikenal sebagai A, B, dan C.

  • UV-A memiliki panjang gelombang pada kisaran 315 nanometer (nm) hingga 400 nm.
  • UV-B, juga dikenal sebagai sinar gelombang sedang, memiliki panjang gelombang 280-315 nm;
  • UV-C memiliki panjang gelombang 200-280 nm.

UV-A dipancarkan oleh matahari (dan sumber buatan seperti tanning bed) dan lebih lemah dari UV-B dan C.

Ultraviolet A memiliki beberapa manfaat bagi manusia, seperti pembentukan vitamin D, walau menyebabkan kulit terbakar dan, dalam beberapa kasus, kanker kulit.

Ultraviolet B dan C tidak pernah benar-benar mencapai manusia secara alami karena sinar ini diserap oleh lapisan ozon bumi.

Baca Juga: Tanya-Jawab Covid-19 : Benarkah Sinar Ultraviolet Dapat Membunuh Virus Corona?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.