Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Meteor Jatuh di Laut Baltik Dekat Negara Jerman - News Or Hoax

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 18:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar video dengan narasi meteor jatuh di Laut Baltik dekat negara Jerman yang  disebut terjadi pada Agustus 2022. Namun setelah dicek kebenarannya, info yang beredar adalah tidak benar atau hoaks. Berdasarkan penelusuran, video yang beredar bukanlah kejadian nyata.

Diketahui video itu dibuat oleh Seniman Efek Visual Digital, Elias Willnat. Elias mengunggah karyanya di instagram pada 29 Oktober 2022. Ia memberikan beberapa tagar, seperti after effects, cgi, dan vfx yang merupakan kata-kata kunci dalam dunia rekayasa digital.

Elias juga mengunggah video serupa melalui akun youtubenya pada 22 Agustus 2022. Dia membuat judul bahwa Hantaman Meteor Tertangkap Kamera di Jerman. Namun dalam keterangan tertulis bahwa video itu adalah rekayasa. Dia menulis keterangan mengenai meteor di Schleswig-Holstein, Jerman, yang dibuat dengan perangkat lunak After Effects dan Davinci Resolve.

Sejauh ini tidak ada kabar mengenai meteor atau benda asing luar angkasa yang jatuh ke Laut Baltik dekat Jerman. Adapun Astrofotografer P-M Heden pada 2013 mengabadikan momen ketika meteor melintas dan menabrak atmosfer bumi di langit Laut Baltik. Namun meteor itu telah terbakar saat jatuh sehingga menciptakan hujan meteor. Jadi video dengan  narasi  meteor jatuh di Laut Baltik, dekat negara Jerman, adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.