Kompas TV feature news or hoax

Hoax Kecelakaan Bus Anggota Paskibra - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 14:02 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi mengenai kecelakaan bus rombongan Paskibraka yang mengakibatkan meninggalnya tujuh orang dan 15 lainnya luka-luka yang terjadi di beberapa wilayah pada informasi yang berbeda seperti di Bitung, Tapalang, Bima, Palopo dan Masamba.

Dari hasil pencarian gambar foto yang beredar mengarah pada artikel Kompas.com mengenai kecelakaan bus Maju Jaya pada 1 Februari 2012 lalu. Bus Maju Jaya jatuh ke dalam jurang di kecamatan Wado, kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bus datang dari arah Tasikmalaya menuju Sumedang melintasi jalur yang berdampingan dengan jurang sedalam 10 meter. Wilayah tersebut terkenal sebagai tanjakan Cae. Para korban waktu itu dilarikan ke puskesmas Darmaraja dan sebagian ke RSUD Sumedang.

Foto yang identik juga pernah dipakai pada artikel republika.co.id pada Maret 2013 lalu. pada artikel ditulis informasi kecelakaan bus yang terperosok jurang di kawasan Pondok Bulu Simalunggung, Sumatera Utara, 28 Februari 2012.

Namun, pada keterangan foto yang ditulis oleh republika.co.id ada informasi di bawah foto bahwa ini hanya sebagai ilustrasi. Artinya kejadian dalam foto dan kejadian kecelakaan tersebut adalah peristiwa yang berlainan.

Jadi, informasi yang menyatakan kecelakaan bus rombongan Paskibraka yang mencatut berbagai daerah merupakan narasi yang tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x