Kompas TV feature news or hoax

Hoax 100 Tahun Meninggal Hidup Kembali - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 12:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar sebuah foto dengan narasi yang menyatakan dua orang sudah 100 tahun meninggal, tetapi mereka hidup kembali, pada foto terlihat 4 orang di mana 2 orang kiri dan kanan tengah memapah 2 orang yang di tengah.

Namun, pencarian gambar berbalik di Google menemukan bahwa foto tersebut pernah dimuat pada artikel yang diterbitkan di sebuah situs blog wisata pada tanggal 26 Agustus 2014 yang berjudul wisata horror di Toraja.

Artikel blog tersebut menjelaskan tentang ritual Ma’nene di Toraja, yaitu upacara tradisional di mana masyarakat Toraja membersihkan jenazah keluarga mereka yang telah diawetkan.

Pada ritual yang biasanya dilakukan sebelum atau sesudah panen di bulan Agustus, masyarakat Toraja mengeluarkan jenazah keluarga yang diawetkan dari kuburan, membersihkan dan mendandani mereka dengan pakaian favorit untuk menghormati roh mereka.

Amos Sumbung yang menulis artikel blog tahun 2014 adalah warga asli Toraja dan foto-foto yang diunggah di blognya diambil saat ritual Ma’nene di Toraja di bulan Agustus 2014.

“Foto diambil oleh penduduk sekitar tempat Ma’nene di kampung saya, kebetulan mereka adalah sepupu saya” ujar Amos.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x