Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Lihat Peluang Bisnis, 130 Pengusaha Singapura Sambangi IKN

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 19:06 WIB
lihat-peluang-bisnis-130-pengusaha-singapura-sambangi-ikn
Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara. (Sumber: ANTARA/HO-Kementerian PUPR.)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 130 pengusaha asal Singapura menyambangi proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) guna melihat peluang bisnis yang dapat dikembangkan, Selasa (30/5/2023).

Kedatangan para pengusaha yang bertajuk “Singapore Mission to Nusantara” ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Leaders' Retreat antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk mendukung pembangunan IKN.

Duta Besar Indonesia di Singapura, Suryo Pratomo, mengatakan bahwa public expose yang digelar di Singapura dua kali berhasil menarik perhatian pengusaha Singapura.

Baca Juga: Wacana ASN Bisa "Work from Anywhere" saat Pindah ke IKN, Menpan-RB: sedang Dirancang

Tak heran, ada banyak yang tertarik untuk datang langsung melihat proyek IKN guna menjajaki peluang bisnis di Nusantara.

“Pembangunan Ibu Kota Nusantara merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara dengan nilai mencapai 32 miliar dollar AS. Bagi pengusaha, ini tentunya merupakan peluang bisnis yang luar biasa,” kata pria yang akrab disapa Tommy ini, Selasa.

“Pemerintah hanya akan membangun fasilitas untuk gedung dan perkantoran pemerintahan saja, sementara investasi lainnya akan ditawarkan kepada swasta, baik dalam maupun luar negeri,” sambungnya.

Tommy menyebutkan bahwa para pengusaha dapat melihat bahwa pembangunan proyek IKN sudah dimulai dan bukan harapan semata.

Seeing is believing. Dengan melihat langsung dengan mata kepala sendiri, para pengusaha akan tahu bahwa proyek Ibu kota Nusantara bukan hanya sekadar harapan, tetapi sudah dimulai pembangunannya.”

Untuk meningkatkan investasi, Garuda Indonesia juga telah mendukung kegiatan tersebut dengan menyiapkan penerbangan khusus dari Singapura ke Balikpapan supaya pengusaha tak perlu transit di Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x