NEWSTICKER
CERITA INDONESIA | 20 Januari 2019 20:07 WIB

Menggapai Asa di Kerontang Timur Nusantara [3]

< 500 Views
Senin
20
Januari
2019
20:07 WIB

Potret pangan di tanah Nusa Tenggara yang menyimpan asa dan cita. Dalam kelindan hidup warga yang tinggal di atas kerontang dan kerasnya alam nusa tenggara ada langkah dan harapan demi penuhi kebutuhan pangan masyarakat disana. Mencoba meninggalkan kebiasaan pertanian lama dengan mengubah pola pikir dan menerapkan teknologi pertanian.

Menjadi petani di tanah Nusa Tenggara Timur bukanlah perkara mudah. Para petani pun dihadapkan dengan keterbatasan. Lahan yang begitu kering kurangnya pasokan air serta perubahan iklim ekstrim terus menuntut para petani agar tetap menjemput rejeki. Secara garis besar Indonesia memiliki potensi lahan pertanian yang terhampar begitu luas terutama dengan adanya lahan kering yang luasnya mencapai 24 juta hektar.

FAO mencatat sedikitnya sudah lebih dari 20 desa di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang telah menggunakan sistem pertanian konservasi. Misalnya di Desa Kefa, di Kabupaten Timor Timur Utara, Nusa Tenggara Timur. Sejak FAO memperenalkan sistem pertanian konservasi para petani di Desa Kefa mulai tersenyum bahagia. Program pengenalan pertanian konservasi memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai petani.

 
TAG : nusa tenggara timur pertanian konservasi pemprov nusa tenggara timur
1
2
3
4
5
6
7
VIDEO TERKAIT
07:56
10:39
10:53
10:29
08:11