Kompas TV bisnis kebijakan

Catat! BSU Akan Langsung Diantar ke Rumah bagi Pekerja yang Sakit

Kompas.tv - 18 November 2022, 07:13 WIB
catat-bsu-akan-langsung-diantar-ke-rumah-bagi-pekerja-yang-sakit
Petugas melayani pekerja yang ingin mencairkan bantuan subsidi upah (BSU di Kantor pos Bandar Lampung, Lampung, Minggu (13/11/2022). Petugas di Kantor Pos siap mendatangi pekerja yang sakit sehingga tidak bisa datang ke Kantor Pos untuk mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) yang diprogramkan pemerintah. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

LAMPUNG, KOMPAS.TV - PT Pos Indonesia menyatakan, petugas di Kantor Pos siap mendatangi pekerja yang sakit dan tidak bisa datang ke Kantor Pos untuk mencairkan bantuan subsidi upah (BSU).

Tentunya, pihak keluarga harus menginformasikan dulu ke Kantor Pos tempat pekerja akan mencairkan BSU.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, BSU tahap 7 mulai dicairkan pada November 2022. Pekerja yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara dapat mencairkan BSU melalui Kantor Pos.

"Selain disalurkan melalui Kantor Pos, PT Pos Indonesia mencairkan BSU melalui komunitas (perusahaan atau instansi) tempat pekerja berkumpul, dan petugas Kantor Pos yang mendatangi bila ada pekerja yang sakit," kata Faizal seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/11/2022).

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris menambahkan, hal itu sebagai salah satu strategi agar target penyaluran bisa tuntas sebelum akhir November. 

Baca Juga: BSU Tahap 7 Cair, Ini Cara Cek Penerima Dana Lewat Aplikasi PosPay

Cara lainnya adalah dengan sosialisasi di berbagai media elektronik, online, cetak dan media sosial, menambah waktu pelayanan hingga pukul 20.00 WIB hingga Sabtu dan Minggu di Kantor Pos.

"Kami juga menambah petugas atau juru bayar serta mendatangi perusahaan atau komunitas," ujar Haris.

Perpanjangan jam pelayanan Kantor Pos ini dilakukan agar tidak mengganggu jam kerja para pekerja. Uang BSU sebesar Rp600.000  pun diserahkan kepada penerima tanpa potongan apapun.

Sementara itu, sejumlah pekerja yang berhak menerima BSU menyatakan memilih mencairkan dana di Kantor Pos pada hari Sabtu dan Minggu.

"Saya merasa dipermudah karena Kantor Pos buka Sabtu dan Minggu, tidak mengganggu jam kerja,” ucap Suripto yang mengambil BSU di Kantor Pos Bandar Lampung, kepada Antara.

Menurut dia bantuan BSU meringankan pekerja yang mendapat gaji standar UMR sehingga diharapkan program tersebut terus berlanjut.

Baca Juga: Menaker Klaim BSU Telah Cair ke 10,32 Juta Pekerja, Optimistis Penyaluran Capai 100% di Akhir Tahun

Penerima BSU lainnya Adi Puput Pilingan menyatakan dengan adanya jam pelayanan di hari Minggu mempermudah para pekerja mengambil BSU. Dia juga berharapan agar pemerintah tak hanya memberikan bantuan subsidi, namun menurunkan harga BBM.

“Harapannya ke depan harga-harga jangan naik terus. Karena kalau harga naik, bantuan seperti ini tidak menjadi pemecah masalah. Harga BBM semoga bisa stabil. Kalau harga BBM naik, semua harga barang ikut naik,” tuturnya.

Nah, untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam daftar pekerja yang menerima BSU atau tidak, bisa dilakukan dengan mengakses laman kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Masih mengutip dari Instagram Kemnaker, berikut cara mengecek penerima BSU di website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara cek penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahun 2022 secara online:



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x