Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Paylater Bikin Ngutang Semakin Gampang, tapi Ingat Semuanya Tetap Masuk BI Checking

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 14:15 WIB
paylater-bikin-ngutang-semakin-gampang-tapi-ingat-semuanya-tetap-masuk-bi-checking
Ilustrasi PayLater, fasilitas yang semakin memudahkan masyarakat berutang. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini, masyarakat dimudahkan untuk mendapat pinjaman alias "ngutang" dengan fitur paylater dari banyak aplikasi. Fasilitas belanja sekarang bayar kemudian ini bisa digunakan mulai dari memesan hotel untuk liburan, membuat ongkos transportasi online, sampai sekadar untuk makan di restoran. 

Untuk menarik pelanggan, penyedia paylater memberikan promo yang lebih besar dibanding pelanggan menggunakan pembayaran tunai. Selain paylater, beberapa SuperApps juga menyediakan dana pinjaman yang limitnya cukup besar, dengan hanya melihat catatan belanja pelanggan di aplikasi tersebut. 

Melihat fenomena tersebut, Perencana Keuangan Annisa Steviani mengingatkan masyarakat untuk tetap bijaksana menggunakan fitur paylater dan semacamnya. Karena jika menggunakan paylater tapi pembayarannya macet, akan tetap berdampak pada skor kredit orang tersebut. 

Baca Juga: Cara Aktifkan, Pakai, dan Bayar GoPayLater Cicil di Tokopedia

"Gampang banget, nggak pernah ngajuin apa-apa aja bisa dapet limit. Mau belanja di mana pun, ada opsi utang dulu. Tanpa tau latar belakang keuangan pembeli," kata Annisa seperti dikutip dari akun Instagramnya @annisast, Kamis (13/10/2022).

"Tapi tau nggak sih, kalau perkara utang ini bisa ganggu kredibilitas kamu dan jadi reputasi buruk buat catatan keuangan kamu? Pengajuan kredit lain seperti KPR bisa jadi sulit bahkan tidak disetujui," ujarnya. 

Annisa menjelaskan, setiap pengguna jasa keuangan memiliki skor kredit atau credit score. Yakni nilai dari layak atau tidaknya orang tersebut sebagai calon debitur untuk dapat pinjaman.

Baca Juga: Mengenal Fitur Paylater yang Mirip Kartu Kredit di Sejumlah Platform , Berikut Ulasannya

"Kalau nilainya bagus, kalau ada cicilan selalu terbayar lancar, kredit kamu selanjutnya bisa disetujui lebih mudah. Kalau nilainya jelek, cicilan sering telat bayar atau tidak lancar, kredit kamu selanjutnya kemungkinan besar akan ditolak," ujar Annisa. 

Skor kredit didapat didapat dari kelancaran pembayaran utang yang terkoneksi pada perbankan.

Utang ini termasuk:
. Kartu kredit
.Kredit kendaraan bermotor (KKB) Kredit pemilikan rumah (KPR)
. Kredit tanpa agunan (KTA)
• Paylater dan pinjaman online lainnya.

Annisa mengingatkan, terlalu asik makan-minum, naik ojol, atau liburan pakai paylater lalu pembayarannya macet, Anda jadi kesulitan untuk mendapatkan kredit untuk keperluan yang lebih penting. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x