Kompas TV regional peristiwa

Presiden Jokowi Pertanyakan Indonesia Punya 30 Bandara Internasional

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 22:15 WIB
presiden-jokowi-pertanyakan-indonesia-punya-30-bandara-internasional
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Facebook Jokowi)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi menyoroti keberadaan bandara berstatus internasional yang ada di Indonesia. Menurut Jokowi, jumlah bandara internasional tersebut terlalu banyak.

Presiden Jokowi mengatakan saat ini ada 30 bandara berstatus bandara internasional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Ini agar kita lihat lagi. Saat ini terdapat 30 bandara internasional, apakah diperlukan sebanyak ini?" kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata' di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Presiden melihat negara-negara lain tidak ada yang memiliki bandara internasional sebanyak Indonesia.

"Artinya kuncinya ada di empat Bandara ini, di Soekarno-Hatta di Jakarta, Ngurah Rai di Bali, Juanda di Jawa Timur dan Kualanamu di Sumatera Utara," ujar presiden.

Lebih jauh, Presiden Jokowi menilai hanya ada delapan bandara yang berpotensi menjadi hub dan superhub. Jokowi meminta para menterinya berani menentukan bandara yang berpotensi menjadi "international hub" dengan pembagian fungsi sesuai dengan letak geografis dan karakteristik wilayahnya.

"Kita harus berani menentukan bandara yang berpotensi menjadi international hub dengan pembagian fungsi sesuai dengan letak geografis, juga karakteristik wilayahnya," tegas Presiden Jokowi.

Selain sektor penerbangan, presiden juga meminta para pembantunya melakukan lompatan di sektor pariwisata. Jokowi mengatakan pengelolaan ekosistem pariwisata dan pendukungnya termasuk penerbangan, betul-betul harus didesain dengan manajemen yang lebih terintegrasi, terkonsolidasi dari hulu sampai hilir. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.