Kompas TV nasional update corona

Satgas: Ada 8 Daerah Zona Merah Empat Minggu Berturut-turut, 13 Pindah ke Posisi Rawan

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 21:22 WIB
satgas-ada-8-daerah-zona-merah-empat-minggu-berturut-turut-13-pindah-ke-posisi-rawan
Ketua Tim Pakar GTPPC-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, BNPB, Jakarta, Selasa (14/7). Satgas Covid-19: Ada 8 Daerah Zona Merah Empat Minggu Berturut-turut, 13 Pindah Posisi Rawan. (Sumber: BNPB)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak delapan kabupaten/kota rupanya berstatus zona merah selama empat minggu berturut-turut. Hal itu diakui Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

"Jadi dalam waktu satu bulan berstatus zona merah tanpa ada perubahan," kata Wiku dalam konferensi pers daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Kedelapan daerah tersebut yakni, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Kota Semarang, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kabupaten Tabalong, Kota Medan, dan Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga: Update Corona Indonesia 6 Agustus 2020, Sembuh 75.645, Meninggal 5.521 Orang, Total Kasus 118.753

Wiku meminta kepada bupati dan wali kota setempat untuk memperhatikan penanganan Covid-19 di wilayah mereka masing-masing.

Kepala Daerah juga diminta melaporkan kendala yang dihadapi kepada Satgas Covid-19 nasional.

"Dan agar menjadi perhatian untuk seluruh anggota masyarakat di delapan kabupaten/kota ini untuk jangan lelah menerapkan protokol kesehatan," ucap Wiku.

"Yaitu dengan jaga cara cuci tangan dan pakai masker karena ini adalah satu-satunya cara kita untuk bisa mengendalikan kasus pada saat ini," kata dia.

Baca Juga: 21 Pegawai KPU Pusat Positif Corona, WFH Diberlakukan Lagi

Ilustrasi virus corona di Indonesia. Satgas Covid-19: Ada 8 Daerah Zona Merah Empat Minggu Berturut-turut, 13 Pindah Posisi Rawan. (Sumber: SHUTTERSTOCK)

Selanjutnya, dia berharap ada perbaikan sehingga delapan wilayah itu kondisinya dapat membaik.

"Semoga delapan kabupaten/kota zona merah yang selama 4 minggu tidak ada perubahan ini bisa meningkat menjadi lebih baik pada minggu-minggu berikutnya," ujar Wiku.

Sementara pada pekan ini, Wiku menambahkan, ada 13 kabupaten kota yang berpindah posisi dari zona oranye menjadi zona merah. Ke-13 kabupaten kota tersebut adalah Karangsem (Bali); Kota Gorontalo, Gorontalo Utara, dan Pahuwato (Gorontalo).

Kemudian ada dari Jabar yaitu Kota Depok; Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan); Kota Ambon (Maluku); Kabupaten Mimika (Papua); Kabupaten Gowa (Sulawesi Selatan); Kabupaten Minahasa dan Minahasa Selatan (Sulawesi Utara); Kota Prabumulih (Sumatera Selatan); dan Kota Binjai (Sumatera Utara).

Baca Juga: Polresta Pontianak Cari Penumpang Positif Corona yang Kabur

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x