Kompas TV bisnis kebijakan

Siap-siap Pemerintah akan Beri Kredit Tanpa Bunga untuk Rumah Tangga, Berminat?

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 19:34 WIB
siap-siap-pemerintah-akan-beri-kredit-tanpa-bunga-untuk-rumah-tangga-berminat
Ilustras: uang rupiah gaji (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTAKOMPAS TV - Pemerintah belum akan berhenti untuk memberikan stimulus di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 berupa bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat.

Setelah memutuskan bakal memberikan gaji tambahan kepada pegawai swasta berpenghasilan di bawah Rp 5 juta sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan, kali ini pemerintah berencana memberikan kredit tanpa bunga kepada rumah tangga alias keluarga.

"Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga. Saat ini sedang disiapkan," kata Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo dalam sebuah acara webinar pada Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: Jokowi akan Beri Rp 600.000 ke Setiap Pegawai Selama 6 Bulan, Apa Syaratnya?

Namun demikian, Yustinus tidak menjelaskan lebih lanjut ihwal bantuan sosial berupa kredit tanpa bunga untuk rumah tangga tersebut. Dia hanya mengatakan, bantuan tersebut sedang disiapkan pemerintah.

Adapun tujuannya, kata dia, untuk menambah daya beli masyarakat di tengah lesunya kondisi ekonomi akibat imbas wabah virus corona.

"(Kredit tanpa bunga) ini diberikan supaya masyarakat terbantu dan merasa diperhatikan," ujar Yustinus.

Sebelumnya, pemerintah juga tengah menyiapkan bantuan berupa gaji tambahan untuk 13 juta pegawai swasta bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Baca Juga: Erick Thohir: Pemerintah akan Gaji Pegawai Rp 600.000 Selama 4 Bulan, Begini Skema dan Syaratnya

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran mencapai Rp 31,2 triliun untuk program tersebut.

Sri Mulyani berharap, dengan adanya stimulus baru ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya yang terdampak. Juga mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional (PEN).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.