Kompas TV regional berita daerah

Bawang Tiwai Masih Diburu Warga

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 19:05 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS TV – Di tengah perkembangan tehnologi medis dan obat di saat ini, ternyata bawang tiwai masih diburu warga untuk dijadikan obat tradisional.

Bawang yang dikenal berasal dari suku dayak Kalimantan ini dipercaya mampu menjaga stamina tubuh. Sebagaimana diutarakan salah satu penjual bawang tiwai di kawasan pasar tradisional Klandasan, Suyati, hingga saat ini masih ada masyarakat yang membeli bawang tiwai jualannya.

Suyati yang juga akrab disapa nenek titik yang sudah berjualan bawang tiwai selama 15 tahun ini, menawarkan harga beragam, mulai dari Rp. 20 ribu hingga Rp. 200 ribu, tergantung dari isi kemasan dan bobotnya.

Cara mengkonsumsinya bawang tiwai cukup mudah dan sederhana, cukup diseduh menggunakan air panas seperti membuat teh, dan diminum secara rutin. peminat bawang tiwai tidak hanya dari masyarakat kalimantan saja, namun hingga pulau Jawa. Tak jarang nenek titik juga harus mengirimkan bawang tiwai melalui jasa ekspedisi untuk memenuhi permintaan konsumennya.

#bawangtiwai#dayak#obattradisional

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan,  yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV Balikpapan:

instagram:  https://www.instagram.com/kompastv.balikpapan/?hl=id

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbalikpapan

twiter :  https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.