Kompas TV bisnis bumn

Erick Thohir Akui Ada Orang Titipan di Kursi Komisaris BUMN: Tidak Semua Diterima!

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 15:48 WIB
erick-thohir-akui-ada-orang-titipan-di-kursi-komisaris-bumn-tidak-semua-diterima
Kolase Adian Napitupulu (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir Ungkap Ada Orang Titipan di Petinggi BUMN: Enggak Banyak yang Diterima. (Sumber: KOMPAS.COM/IMAM ROSIDIN)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jabatan komisaris di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) rupanya ada orang-orang titipan. Hal itu diakui Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurutnya, ada orang titipan yang menduduki jabatan komisaris di tubuh perusahaan plat merah itu. Namun, Erick enggan mengungkapkan siapa orang-orang titipan tersebut dan siapa orang yang menitipkannya.

“Enggak banyak yang keterima (orang titipan), buktinya banyak yang kecewa juga. Sesuatu yang lumrah, tapi enggak semuanya diterima. Mungkin yang diterima hanya 10 persen, makanya banyak yang kecewa,” ungkap Erick dalam acara Mata Najwa yang dikutip Kompas.com pada Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: Kementerian BUMN Tegaskan Tak Ada yang Salah Komisaris Rangkap Jabatan dan Penghasilan

Erick menuturkan, orang titipan di posisi petinggi BUMN merupakan hal yang wajar. Asal, orang titipan tersebut mempunyai kompetensi yang sesuai dan tetap ikut proses seleksi.

“Ya tapi itu merupakan pembelajaran dari politik, karena suka tidak suka sistem yang ada di Indonesia seperti ini. Tidak banyak negara yang punya BUMN,” kata dia.

Karena tak semua orang titipan mendapat jabatan di BUMN, Erick pun mengakui ada sejumlah pihak yang kecewa.

“Tapi apakah keadaan seperti ini menjadi perfect solution? Ya enggak, di era seperti ini demokrasi, peran-peran banyak pihak, apakah relawan, partai yang sudah berkontribusi harus menjadi bagian. Selama bisa memberi kontribusi yang baik juga,” ucap dia.

Baca Juga: Erick Thohir: Pemerintah akan Gaji Pegawai Rp 600.000 Selama 4 Bulan, Begini Skema dan Syaratnya

Gedung Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (Sumber: Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.