Kompas TV regional berita daerah

Warga Semarang Peduli Internet Gratis Untuk Pendidikan

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 13:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk meringankan beban warga kurang mampu dalam mengakses internet, salah satu tokoh masyarakat di Kampung Sekayu, Kota Semarang, membagikan jaringan internet gratis untuk akses pendidikan. Harapannya, jaringan internet gratis ini bisa membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengakses internet, terutama siswa sekolah untuk keperluan belajar online.

Salah satu dampak dari pandemi Covid-19, yaitu mengharuskan masyarakat untuk melakukan social distancing. Dampaknya, banyak kepentingan yang dialihkan dengan menggunakan sistem daring, seperti kegiatan belajar daring dan bekerja dari rumah. Untuk keperluan online ini diperlukan paket data yang cukup besar, sehingga banyak memberatkan masyarakat.

Edi Haryoko, warga Sekayu yang peduli terhadap keperluan untuk mengakses internet bagi para pelajar, kini telah memasang hotspot di delapan titik, di Wilayah RW 2, Kampung Bedagan, Kelurahan Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah. Dari delapan titik yang terpasang ini, ada sekitar 48 anak di lingkungannya yang berhasil ia bantu.

Keberadaan internet gratis bagi pelajar ini disambut positif warga setempat. Mereka mengaku sangat terbantu, karena kini biaya untuk membeli paket data untuk anaknya menjadi berkurang.

Agar jaringan internet gratis tepat sasaran dan hanya dipakai oleh para siswa, Edi Haryoko terlebih dahulu melakukan pendataan pada seluruh perangkat yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

#Covid #AksesInternet #SocialDistancing



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x