Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyebaran DBD, DInkes Lakukan Fogging

Kamis, 6 Agustus 2020 | 00:59 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Merebaknya kasus demam berdarah dengue di musim peralihan penghujan ke musim kemarau atau pancaroba ini, membuat Dinas Kesehatan Kota Tegal, Jawa Tengah melakukan berbagai upaya pencegahan. Salah satunya dengan melakukan fogging . Fogging menyasar ke rumah rumah warga dan pekarangan yang dimungkinkan menjadi sarang nyamuk.

Fogging atau pengasapan tersebut menggunakan cairan insektisida dicampur dengan solar. Tujuannya yakni membunuh nyamuk dewasa. Diharapkan, dengan pengasapan seperti ini bisa menekan pertumbuhan nyamuk aedes aegypti yang merupakan wabah demam berdarah dengue (DBD).

Petugas berharap masyarakat tidak hanya mengandalkan fogging sebagai langkah untuk memberantas demam berdarah dengue. Namun, masyarakat juga harus membiasakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan. Terutama dengan melakukan langkah tiga M , yakni Menguras , Menutup dan Mengubur barang yang menjadi sarang nyamuk.

Sementara itu, salah seorang warga kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana,  menyambut baik dan merasa senang dengan adanya upaya fogging. Karena upaya tersebut sangat bermanfaat bagi warga dalam mencegah penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Dinas Kesehatan Kota Tegal, akan terus melakukan fogging dengan melibatkan Puskesmas yang ada di seluruh Kecamatan. Pasalnya, Puskesmas yang lebih tahu kondisi di lapangan, baik jumlah warga yang terkena demam berdarah, maupun, penyebaran jentik nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebab demam berdarah (DBD).

 

#DBD #FOGGING

Penulis : KompasTV Pekalongan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:57
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   SATGAS NEMANGKAWI: CEPAT ATAU LAMBAT KKB PASTI TERTANGKAP   100 PERSONEL SATGAS NEMANGKAWI HADIR DI DISTRIK BEOGA, PUNCAK, PAPUA, LINDUNGI MASYARAKAT DARI KKB   BUPATI TEGAL UMI AZIZAH MINTA WARGA AMBIL SISI POSITIF DARI LARANGAN MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI SEBUT JIKA ADA MASYARAKAT YANG NEKAT MUDIK PADA 6-17 MEI 2021 MAKA POLISI AKAN MENINDAK   POLRI AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI 333 TITIK DI TOL DAN JALAN ARTERI DARI LAMPUNG-BALI SELAMA PELARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TEGAS MELARANG WARGA MUDIK GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KORONA   SATGAS COVID-19: LARANGAN MUDIK LEBARAN BERLAKU 6-17 MEI 2021   SATGAS COVID-19 SEBUT PENGEMBANGAN VAKSIN MERAH PUTIH TETAP BERJALAN MESKI KEMENRISTEK DILEBUR DENGAN KEMENDIKBUD   MASIH BERSTATUS ZONA ORANYE, PEMKOT BOGOR WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SELAMA BULAN PUASA   DIRJEN PAUD KEMENDIKBUD SEBUT DIGITALISASI SEKOLAH BAKAL JADI ARAH PENDIDIKAN INDONESIA HINGGA 2035   MULAI 2022, KEMENDIKBUD AKAN MEMBUAT RAPOR DARING DI BEBERAPA SEKOLAH YANG MASUK DALAM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK   PEMBANGUNAN PROYEK LITTLE TOKYO JABABEKA DI ATAS LAHAN SELUAS 4,6 HEKTAR DIMULAI AKHIR TAHUN INI   KKP SEBUT LARANGAN EKSPOR BENIH LOBSTER UNTUK MENGGALAKKAN BUDIDAYA LOBSTER GUNA TINGKATKAN EKSPOR LOBSTER