Kompas TV regional kriminal

Mengaku HRD, Pria Ini Minta Korbannya Foto Bugil Sebagai Syarat Kerja

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 06:15 WIB
mengaku-hrd-pria-ini-minta-korbannya-foto-bugil-sebagai-syarat-kerja
Ilustrasi wanita mencari lowongan pekerjaan. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Idham Saputra

BANDUNG, KOMPAS.TV – Seorang pria di Bandung, Jawa Barat diamankan kepolisian karena melakukan penipuan dengan modus lowongan pekerjaan.

Pelaku berinisial Su (25) itu mengaku sebagai Human Resource Development (HRD) dan orang kesehatan salah satu perusahaan susu.

Dengan iming-iming pekerjaan, perempuan di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat menjadi korban penipuan tersebut.

Korban diminta memenuhi beberapa syarat untuk mendapatkan pekerjaan, seperti mentransfer sejumlah uang hingga berfoto bugil untuk pekerjaan tertentu. Bahkan, sebagian korban ada yang berhasil disetubuhi pelaku.

Baca Juga: Muslianto 12 Tahun Jadi TNI AD Gadungan Berpangkat Peltu, Identitasnya Terbongkar Gara-gara Seragam

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengungkap modus awal penipuan ini adalah mengiklankan info lowongan pekerjaan Bandung/Cimahi dan Bandung Barat 2020-2021 di kolom komentar grup Facebook.

"Korban yang tertarik akan mengirimkan pesan pribadi kepada pelaku melalui facebook dan saling bertukar nomor whatsapp," kata Yohanes, Selasa (4/8/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

Saat berkomunikasi lewat pesan singkat tersebut pelaku mengaku sebagai HRD dan bisa meloloskan korban untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan susu.

Namun, sebelumnya pelaku meminta korban mentransfer uang senilai Rp 1.500.000 dengan cara top up akun Gopay milik pelaku sebagai syarat administrasi.

"Selain itu pelaku meminta korban untuk berfoto serta mengirimkan video tanpa busana dengan alasan untuk tes keperawanan. Beberapa korban diantaranya bahkan berhasil disetubuhi," ungkap Yohanes.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x