Kompas TV regional berita daerah

Percepat Pembangunan Infrastruktur, Pemprov NTT Ajukan Pinjaman Dana Lunak

Rabu, 5 Agustus 2020 | 19:43 WIB

KUPANG, KOMPAS.TV - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Rabu sore tadi, menandatangani perjanjian pinjaman daerah antara Pemerintah  Nusa Tenggara Timur dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero, yang berlangsung secara virtual, di aula lantai 2 Kantor Gubernur NTT.

Penandatanganan perjanjian itu sebagai tanda dimulainya Pemerintah Nusa Tenggara Timur meminjam dana lunak dari perusahaan peminjam keuangan milik Pemerintah Pusat, yang berada di bawah naungan Kementrian Keuangan.

Total dana yang dipinjam Pemerintah Provinsi NTT untuk pertama kali ini senilai Rp189,7 miliar guna membiayai pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 189 kilometer di pulau Timor, Flores, Sumba, dan Alor.

Gubernur NTT menyatakan, pinjaman lunak yang akan dikembalikan Pemerintah NTT dalam jangka waktu tiga  tahun ke depan tersebut guna mempercepat pembangunan infrastruktur, agar akses menuju destinasi wisata bisa lebih terjangkau sehingga geliat ekonomi masyarakat pun semakin maju.

"Selama ini ada jalan yang sangat buruk dan sulit dijangkau, padahal ada destinasi wisata menarik di wilayah itu. Karena itu, melalui pinjaman ini kita akan membuka akses jalan sehingga pariwisata sebagai lokomotif pembangunan semakin bergerak maju," ungkap Laiskodat dalam sambutannya.

Pemerintah Provinsi NTT juga berencana mengajukan pinjaman dana lunak melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) pada tahun anggaran 2021, guna pengembangan infrastruktur lainnya, sehingga dapat memacu potensi pariwisata sebagai penggerak utama pembangunan di NTT.

#DanaLunak #PinjamanDaerah #PemprovNTT

Editor : KompasTV Kupang



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:30
DIRJEN KESEHATAN KEMENKES MALAYSIA MENCATAT ADA 260 KASUS BARU COVID-19 HINGGA KAMIS, 1 OKTOBER 2020   SATGAS PENANGANAN COVID-19 GANDENG PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA UNTUK PERKUAT SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN    KEMENSOS BERI BANTUAN BAHAN BANGUNAN RUMAH SENILAI RP 466 JUTA KEPADA 87 KELUARGA KORBAN PUTING BELIUNG DI SUMUT    PRESIDEN JOKOWI INGIN LABUAN BAJO BETUL-BETUL MENJADI KAWASAN PREMIUM   PRESIDEN JOKOWI MINTA PELAKU USAHA KECIL TIDAK MENYERAH DAN TETAP SEMANGAT MESKI PANDEMI COVID-19   PT ANGKASA PURA I PASTIKAN SELURUH BANDARA TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   KEMENHAN BANGUN UNIVERSITAS PERTAHANAN DI PERBATASAN INDONESIA-TIMOR LESTE   WAGUB DKI SEBUT RUMAH PASIEN COVID-19 YANG JALANI ISOLASI MANDIRI HARUS DIBERI TANDA AGAR PETUGAS DAN MASYARAKAT TAHU   PEMPROV DKI MENCATAT LEBIH DARI 26.660 ORANG MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN HINGGA 30 SEPTEMBER 2020   DINKES KOTA BEKASI SEBUT 79,18 PERSEN DARI 932 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI RS RUJUKAN COVID-19 SUDAH TERISI   BAWASLU JAWA TENGAH MEMBUTUHKAN 44.077 PENGAWAS TPS PADA PILKADA 2020   WALI KOTA TANGSEL INGATKAN WARGA JAKARTA YANG BERKUNJUNG KE WILAYAHNYA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   GUBERNUR JATENG USULKAN PESERTA PILKADA 2020 BERKAMPANYE LEWAT MEDIA SOSIAL CEGAH PENULARAN COVID-19   BAWASLU SEBUT METODE KAMPANYE TATAP MUKA MASIH MENJADI ANDALAN BAGI PARA PASLON PESERTA PILKADA 2020