Kompas TV bisnis kompas bisnis

APINDO: Stimulus Daya Beli, Tangkal Resesi

Rabu, 5 Agustus 2020 | 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pelaku usaha mengingatkan pemerintah agar merancang stimulus pemulihan ekonomi yang tepat sasaran menjaga daya beli. Agar ekonomi kuartal tiga bisa tumbuh positif.

Sementara itu, Sesuai dengan perkiraan, ekonomi Indonesia sepanjang April hingga Juni, terkontraksi lebih dari 5 persen. 

Serupa dengan negara-negara lainnya , Indonesia mengalami masa-masa sulit menghadapi covid sembilan belas yang ikut memukul ekonomi.

Badan pusat statistik hari ini, mencatat ekonomi kuartal dua tahun ini, minus 5,3-2 persen, secara tahunan.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan kondisi normal di tahun-tahun sebelumnya, dimana pertumbuhan ekonomi kuartalan kita, dapat tumbuh 5 persen-an.

Namun, pelemahan ekonomi, sudah mulai kita rasakan sejak kuartal pertama, Januari hingga Maret, dimana covid sembilan belas, perlahan melumpuhkan aktivitas ekonomi.

Kita lihat lebih rinci dari sisi sektor usaha.

Kita ambil 3 penopang utama ekonomi Indonesia. Sektor industri, pertanian dan perdagangan.

Di kuartal dua, baik sektor industri dan perdagangan, sama-sama terkapar. Masing-masing, minus 6,1-9 dan 7,5-7 persen, secara tahunan.

Produksi pabrik-pabrik turun seiring dengan lesunya permintaan dari dalam maupun luar negeri. 

Sebut saja, produksi mobil, tekstil dan pakaian. Sedangkan, perdagangan, terpukul oleh tutupnya sejumlah pusat perbelanjaan dan gerai ritel.

Nah, produk-produk pertanian masih bisa bertahan mencatatkan pertumbuhan meski melambat, yakni 2,1-9 persen.

Kontraksi terdalam dialami warga pulau Jawa, minus 6,6-9 persen. Ini berdampak signifikan, karena hampir 60 persen ekonomi kita tertumpu di pulau Jawa.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


PILKADA SERENTAK

Saran Pilkada Ditunda Cambuk Bagi KPU

Minggu, 20 September 2020 | 12:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:04
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   DITPOLAIRUD POLDA PAPUA TERJUNKAN PERSONEL UNTUK JADI TENAGA PENGAJAR BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI PULAU KOSONG   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH SEGERA TETAPKAN STANDAR HARGA TES PCR DI BERBAGAI RUMAH SAKIT   KEMENDAG AMERIKA SERIKAT TUNDA LARANGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK HINGGA 27 SEPTEMBER 2020   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, TAMBAH 200 TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN COVID-19   KANTOR WALI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT DITUTUP TIGA HARI KE DEPAN SETELAH LIMA PEGAWAI POSITIF COVID-19   KEMLU SEBUT KASUS BARU WNI DI LUAR NEGERI YANG TERKONFIRMASI COVID-19 BERASAL DARI KUWAIT   KEMLU MENCATAT KASUS WNI TERKONFIRMASI COVID-19 DI LUAR NEGERI BERTAMBAH MENJADI 1.422 KASUS   MENKO PMK MINTA PEMDA MEMILIKI INISIATIF JIKA FASILITAS UNTUK PENANGANAN COVID-19 DARI PUSAT BELUM TURUN   MANTAN PM KANADA JOHN TURNER TUTUP USIA   KUASA HUKUM JOHN KEI SEBUT PENAHANAN KLIENNYA DIPERPANJANG HINGGA 19 OKTOBER 2020   KEMENKES IRAN MENCATAT ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENCAPAI 24.000 KASUS   POLRES BOGOR, JAWA BARAT: WISATAWAN KE PUNCAK TURUN 80 PERSEN, PENGARUH PSBB JAKARTA