Kompas TV regional berita daerah

Bisa Jadi Peluang Usaha, Kerajinan Kain Hias Ini Gunakan Daun di Sekitar Rumah

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 16:01 WIB

KOMPAS.TV - Ibu Rumah Tangga ini membuat kerajinan kain hias dengan memanfaatkan daun di sekitar rumahnya.  Hobi untuk kesenangan pribadi kini menjadi usaha yang menghasilkan uang .

Inilah Galeri Omah Cinta yang berlokasi di Kelurahan Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Seperti namanya tempat ini difungsikan sebagai galeri yang memproduksi sejumlah koleksi kerajinan tangan. 


Salah satu yang saat ini tengah digemari adalah kain hias yang dihasilkan melalui teknik ecoprint. Ecoprint adalah sebuah cara untuk memberi pola pada bahan atau kain menggunakan pewarna alami yang dihasilkan dari jenis dedaunan pilihan.

Seperti yang dilakukan tri indah noviana pemilik dari Galeri Omah Cinta dirinya memanfaatkan daun yang tumbuh disekitar rumah seperti daun jati pepaya ketepeng dan jarak daun-daun ini dipilih karena memiliki tanin sejenis zat warna alami.

Selanjutnya daun yang sudah dikumpulkan lalu di letakan diatas kain dasar berwarna putih dan dilapisi plastik serta pipihkan ini dilakukan agar warna yang dihasilkan mengikuit dari pola daun itu sendiri untuk tahap selanjutnya kain harus melalui proses perebusan agar warna dan pola daun semakin terlihat sempurna.

Meski terlihat sederhana namun butuh ketelitian dan keuletan dalam mengerjakan satu kain dengan teknik ecoprint.

Kain yang didominasi warna coklat dan bentuk beragam daun ini biasanya digunakan sebagai hijab taplak meja dan baju.

Satu kain ecoprint ini ditawarkan dengan harga 150 hingga 350 rupiah disesuaikan dengan jenis kain motif dan tingkat kesulitan pembuatan. Tidak hanya kain ecoprint galeri omah cinta juga menyediakan berbagai kerajinan tangan yang diproduksi dari hasil daur ulang barang bekas.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.