Kompas TV regional berita daerah

Bisa Jadi Peluang Usaha, Kerajinan Kain Hias Ini Gunakan Daun di Sekitar Rumah

Rabu, 5 Agustus 2020 | 16:01 WIB

KOMPAS.TV - Ibu Rumah Tangga ini membuat kerajinan kain hias dengan memanfaatkan daun di sekitar rumahnya.  Hobi untuk kesenangan pribadi kini menjadi usaha yang menghasilkan uang .

Inilah Galeri Omah Cinta yang berlokasi di Kelurahan Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Seperti namanya tempat ini difungsikan sebagai galeri yang memproduksi sejumlah koleksi kerajinan tangan. 


Salah satu yang saat ini tengah digemari adalah kain hias yang dihasilkan melalui teknik ecoprint. Ecoprint adalah sebuah cara untuk memberi pola pada bahan atau kain menggunakan pewarna alami yang dihasilkan dari jenis dedaunan pilihan.

Seperti yang dilakukan tri indah noviana pemilik dari Galeri Omah Cinta dirinya memanfaatkan daun yang tumbuh disekitar rumah seperti daun jati pepaya ketepeng dan jarak daun-daun ini dipilih karena memiliki tanin sejenis zat warna alami.

Selanjutnya daun yang sudah dikumpulkan lalu di letakan diatas kain dasar berwarna putih dan dilapisi plastik serta pipihkan ini dilakukan agar warna yang dihasilkan mengikuit dari pola daun itu sendiri untuk tahap selanjutnya kain harus melalui proses perebusan agar warna dan pola daun semakin terlihat sempurna.

Meski terlihat sederhana namun butuh ketelitian dan keuletan dalam mengerjakan satu kain dengan teknik ecoprint.

Kain yang didominasi warna coklat dan bentuk beragam daun ini biasanya digunakan sebagai hijab taplak meja dan baju.

Satu kain ecoprint ini ditawarkan dengan harga 150 hingga 350 rupiah disesuaikan dengan jenis kain motif dan tingkat kesulitan pembuatan. Tidak hanya kain ecoprint galeri omah cinta juga menyediakan berbagai kerajinan tangan yang diproduksi dari hasil daur ulang barang bekas.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19