Kompas TV klik360 internasional

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab Tanggapi Ledakan di Beirut

Rabu, 5 Agustus 2020 | 13:59 WIB

BEIRUT, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab telah berjanji, siapa pun yang bertanggung jawab atas ledakan besar yang mengguncang Beirut pada hari Selasa (4/8/2020) akan dibawa ke pengadilan.

Ledakan itu meratakan sebagian besar pelabuhan, merusak gedung-gedung di seluruh ibukota dan menimbulkan awan jamur raksasa ke langit.

Baca Juga: Ledakan Dahsyat di Beirut, Lebanon dan Dugaan Amonium Nitrat Jadi Sumber Penyebabnya

Pejabat setempat mengatakan, setidaknya lebih dari 70 orang tewas dan 3.000 lainnya terluka, sebagian korban bahkan masih terkubur di reruntuhan.

Sejumlah rumah sakit di Beirut dengan cepat dipenuhi para korban ledakan. Sebagian besarnya membutuhkan pasokan darah dan generator agar listrik mereka tetap menyala.

Baca Juga: Ledakan di Beirut, Lebanon, 1 WNI Jadi Korban Luka

Penyebab ledakan menurut seorang pejabat setempat, diduga oleh bahan peledak yang disita dari sebuah kapal beberapa waktu lalu dan disimpan di pelabuhan.

Saluran televisi lokal Lebanese Broadcasting Corporation (LBC) mengatakan bahan yang meledak itu itu adalah natrium nitrat.

Saksi mata melaporkan melihat awan berwarna oranye di sekitar lokasi, tidak lama setelah terjadi ledakan. Awan oranye dari gas nitrogen dioksida beracun sering menyertai ledakan yang melibatkan nitrat.

Ledakan tersebut dapat didengar dan dirasakan hingga Siprus, lebih dari 200 kilometer (180 mil) melintasi Mediterania. 

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:26
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR    BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BAWASLU SEBUT PENGUNDIAN NOMOR URUT PASLON PILKADA TAK AKAN DIGELAR JIKA MASSA MELEBIHI BATAS   KAPOLRES MIMIKA TEGASKAN TAK ADA PENGIRIMAN PASUKAN KE INTAN JAYA UNTUK PERKUAT PENGAMANAN WILAYAH   PANDEMI KORONA, KEJARI JAKARTA PUSAT OPTIMALKAN PELAYANAN VIA TEKNOLOGI INFORMASI   KOMISI X DPR SEPAKATI PAGU ANGGARAN KEMENPAREKRAF 2021 SEBESAR RP 4,9 TRILIUN   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KEPOLISIAN RESOR MIMIKA LARANG WARGA BERKUMPUL   KPPU DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN PERSAINGAN TAK SEHAT IMPOR BAWANG PUTIH   DUKUNG PJJ DI MADRASAH, KEMENAG GANDENG 5 OPERATOR TELEKOMUNIKASI UNTUK BERIKAN INTERNET GRATIS   KEMENTERIAN KESEHATAN SIAPKAN PROTOKOL PENCEGAHAN COVID-19 DI PENGUNGSIAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO DORONG PEMBERIAN INSENTIF UNTUK PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO APRESIASI KERJA KERAS PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AJUKAN PENAMBAHAN 60 KAMERA ETLE KE PEMPROV DKI   ANTISIPASI BANJIR, WALI KOTA BEKASI INGATKAN STAFNYA TAK TERLAMBAT BUKA PINTU BENDUNGAN KALI BEKASI