Kompas TV kolom ekonomi

Indonesia Menyongsong Resesi

Rabu, 5 Agustus 2020 | 13:10 WIB
indonesia-menyongsong-resesi
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

Oleh: Faisal Basri, ekonom senior

Sesuai dengan prediksi banyak kalangan, termasuk pemerintah dan Bank Indonesia, perekonomian Indonesia menciut pada triwulan II-2020.  Hari ini (Rabu, 5 Agustus 2020), Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data produk domestik bruto (PDB) terbaru yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi triwulan II-2020 mengalami kontraksi atau pertumbuhan negatif sebesar 5,32 persen dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun lalu. Karena pertumbuhan pada triwulan pertama hanya 2,97 persen, maka pertumbuhan kumulatif sampai semester pertama tahun ini pun terkontraksi sebesar 1,26 persen.

Dua sektor yang terimbas paling berat akibat pandemik Covid-19 melorot paling dalam, yaitu  transportasi, akomodasi & makan minum, masing-masing mengalami kontraksi sebesar 30,84 persen dan 22,02 persen pada triwulan II-2020 dibandingkan triwulan yang sama tahun 2019.  Namun, karena sumbangan kedua sektor ini bagi perekonomian relatif kecil (5,85 persen), pengaruhnya terhadap pertumbuhan PDB tidak dominan. Industri manufaktur—yang merupakan penyumbang terbesar (19,8 persen)—juga mengalami kontraksi cukup dalam, yaitu 6,19 persen.

Tujuh sektor lainnya pun mengalami kontraksi pada triwulan II-2020. Dua sektor menikmati peningkatan laju pertumbuhan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Pertumbuhan PDB Indonesia dari kuartal 1 2017 sampai kuartal 2 2020 (Sumber: Faisal Basri)

 

Sektor informasi & komunikasi meraih pertumbuhan tertinggi (10,9 persen). Adapun sektor pertanian tumbuh positif sebesar 2,19 persen akibat pergeseran musim panen. Empat sektor mengalami penurunan pertumbuhan namun masih positif dan satu sektor lainnya tumbuh sama dengan triwulan sebelumnya.

 

Editor : Zaki Amrullah

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Angin Kencang Menerjang Sukabumi

Kamis, 24 September 2020 | 11:44 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:53
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH: 9 DESA DI ACEH BARAT DAYA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR   BNPB MINTA DAERAH PERSIAPKAN ANTISIPASI BENCANA HIDROMETEOROLOGI   BP2MI SELAMATKAN 4 ABK YANG MERUPAKAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KORBAN EKSPLOITASI DI KAPAL IKAN ITALIA   DINAS KESEHATAN: INSENTIF TENAGA MEDIS DI BEKASI CAIR PALING LAMBAT OKTOBER 2020   KEPALA DINAS SUMBER DAYA AIR DKI: ANGGOTA PASUKAN BIRU YANG POSITIF COVID-19 WAJIB ISTIRAHAT   KEMENDAGRI CATAT ADA 9 PROVINSI DENGAN CAPAIAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN RENDAH    KETUA MPR MINTA PEMERINTAH PERKUAT TES USAP DAN PELACAKAN MASYARAKAT YANG TERPAPAR COVID-19   SELAIN KONSER MUSIK, KPU JUGA MELARANG PENTAS SENI, RAPAT UMUM, PERLOMBAAN, HINGGA BAZAR   KPU: LARANGAN KONSER MUSIK DALAM KAMPANYE PILKADA TERTUANG DALAM PKPU   KPU RESMI LARANG KONSER MUSIK SEBAGAI SALAH SATU KEGIATAN KAMPANYE PILKADA 2020   KEMENDAGRI SEBUT REVISI PKPU UNTUK PERKUAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA TAHAPAN PILKADA    PRESIDEN AKAN TAMBAH LOKASI "FOOD ESTATE" DI SUMATERA SELATAN, NUSA TENGGARA TIMUR, DAN PAPUA    PRESIDEN JOKOWI SEBUT PROYEK "FOOD ESTATE" DI KALIMANTAN TENGAH TERKENDALA KEPEMILIKAN LAHAN    GUBERNUR DKI TARGETKAN PEMBEBASAN LAHAN SEJUMLAH SUNGAI UNTUK SISTEM PENGENDALIAN BANJIR SELESAI 2021