Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Diumumkan Hari Ini, Indonesia akan Masuk Jurang Resesi?

Rabu, 5 Agustus 2020 | 11:49 WIB
diumumkan-hari-ini-indonesia-akan-masuk-jurang-resesi
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 akan diumumkan oleh Badan Pusat Statistik pada hari ini, Rabu (5/8/2020).

Pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan pengamat memperkirakan ekonomi tanah air bakal mengalami pertumbuhan negatif (resesi ekonomi). Ini terjadi karena imbas pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memprediksi ekonomi Indonesia akan tertekan cukup dalam sampai ke titik -4,3 persen.

Baca Juga: Hadapi Jurang Resesi, Serapan Anggaran Belanja Pemerintah Belum Maksimal

"Jadi kita ekspektasi kuartal II itu kontraksi. Saya sampaikan di sini minus 3,5 persen sampai minus 5,1 persen. Titik poin (nilai tengah) minus 4,3 persen," kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI seperti dikutip dari Kompas.com pada Rabu (15/7/2020).

Selain Sri Mulyani, Bank Indonesia (BI) juga memproyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 akan mengalami tekanan dengan tumbuh negatif antara 4 persen hingga 4,8 persen.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, menjelaskan proses pemulihan ekonomi Indonesia akan berlangsung sangat lambat atau berbentuk huruf U (U-shape) karena tengah menghadapi masa-masa yang sangat sulit.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3
4



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Warga Jambi Waspadai Cuaca Ekstrem

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 18:03 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:08
PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI, JUSUF KALLA MENGATAKAN PMI SIAP KIRIMKAN SUKARELAWAN   KETUA PMI JUSUF KALLA SAMPAIKAN BELASUNGKAWA UNTUK GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI    JAKPRO : 40,85 PERSEN AREAL TAMAN ISMAIL MARZUKI DIREVITALISASI   KPU KABUPATEN KEDIRI, JAWA TIMUR, SELENGGARAKAN SIMULASI PEMILIHAN SAAT PANDEMI COVID-19   MANTAN MENKES SITI FADILAH SUPARI BEBAS DARI PENJARA, KPK BERHARAP MENJADI EFEK JERA   BAWASLU REJANG LEBONG, BENGKULU, MENGAKU KESULITAN TERTIBKAN KAMPANYE PILKADA MELALUI MEDSOS   HINGGA 31 OKTOBER 2020, KASUS TERKONFIRMASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN MENCAPAI 1.823 ORANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PELABUHAN PATIMBAN SIAP BEROPERASI DI MINGGU KE-3 NOVEMBER   DEPOK PERPANJANG PEMBATASAN JAM OPERASIONAL PUSAT PERBELANJAAN HINGGA 14 NOVEMBER 2020   KOGABWILHAN I SEBUT RS KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, MERAWAT 341 PASIEN POSITIF COVID-19   PERANCIS TAWARKAN BANTUAN KEPADA TURKI DAN YUNANI YANG TERDAMPAK GEMPA BERMAGNITUDO 7   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TERORIS TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN AGAMA APA PUN   PRESIDEN JOKOWI: PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS MELUKAI PERASAAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGECAM KERAS PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS YANG MENGHINA AGAMA ISLAM