Kompas TV regional berita daerah

Inovatif! Pembagian Daging Kurban Terapkan Sistem Digital Dengan Menggunakan Chip e-KTP

Kompas.tv - 4 Agustus 2020, 23:14 WIB
Penulis : Herwanto

TEGAL, KOMPAS.TV-

Terobosan nan kreatif yang dilakukan panitia kurban Musala Khoirul Ummah, di Jalan Pala Barat 8, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ini, patut ditiru. Jika biasanya panitia kurban hanya dengan kupon manual, namun panitia kurban di musala ini menerapkan sistem digital dengan memanfaatkan chip e-KTP.

Calon penerima daging kurban harus mendaftartan diri terlebih dahulu, dengan cara menempelkan e-KTP pada perangkat yang terhubung dengan komputer. Sembari menunggu proses pemotongan hewan kurban selesai, calon penerima bisa pulang ke rumah masing masing. Di sinilah keunikan dari terobosan kreatif panitia, yang tujuannya tidak menimbulkan kerumunan dan kericuhan.

Kemudian saat proses pengambilan daging kurban, calon penerima daging kurban kembali diharuskan untuk menempelkan e-KTP ke perangkat yang disediakan. Jika e-KTP yang ditempel belum terdaftar sebelumnya, maka perangkat akan memberi tanda bunyi. Dan begitu pula untuk e-KTP yang sudah digunakan untuk menukar sebungkus daging.

Inovasi pembagian daging kurban dengan memanfaatkan chip e-KTP ini dilakukan karena melihat proses pembagian daging sering terjadi kericuhan. Dengan mengunakan sistem chip e-KTP ini ternyata cukup efektif untuk mencegah kericuhan dan penggandaan kupon.

Tahun ini musala Khoirul Ummah menerima hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Warga penerima daging kurban biasanya sudah mengantri sejak pagi, bahkan sebelum daging kurban disembelih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x