Kompas TV nasional kompas malam

Uji Klinis Kandidat Vaksin Covid-19 Dimulai 11 Agustus

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 06:45 WIB
Penulis : Merlion Gusti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19, yang juga Menteri Negara BUMN Erick Tohir menyatakan, Bio Farma sanggup memproduksi 250 juta vaksin Covid-19 setiap tahunnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh menteri BUMN Erick Tohir ysaat mengunjungi laboratorium Bio Farma di Bandung Jawa Barat, sore tadi.

Kunjungan sekaligus memastikan kesiapan uji klinis fase 3 calon vaksin Covid-19 hasil kolaborasi dengan Sinovac. 

Erik mengatakan perusahaan bumn bio farma akan mampu memproduksi vaksin Covid-19 sebanyak 250 juta dosis pertahun di akhir tahun 2020.

Saat ini kapasitas produksi Bio Farma telah mencapai 100 juta vaksin.

Sembari menunggu kesiapan vaksin, Erick mengajak masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

Uji klinis vaksin sinovak akan mulai dilakukan pada sebelas Agustus mendatang, pengujian dilakukan serempak di enam puskesmas di kota Bandung.

Namun mendekati hari uji vaksin klinis, hingga kini baru ada 600 orang yang mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis di fakultas kedokteran Universitas Padjajaran.

Sementara Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan siap menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19.

Ridwan Kamil juga mengatakan hingga kini baru ada 600 orang yang mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin, dan masih dibutuhkan seribu orang lagi.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.