Kompas TV regional berita daerah

Kurangi Plastik, Pembagian Daging Kurban Gunakan Anyaman Bambu

Kompas.tv - 4 Agustus 2020, 09:21 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Sejumlah lokasi penyelembelihan hewan kurban mulai memakai anyaman bambu untuk membungkus daging yang disalurkan pada masyarakat.

Salah satu lokasi yang menggunakan bahan alternatif tersebut adalah Masjid Sirojul Munir, Kecamatan Pontianak Barat. Usai melakukan pemotongan, daging langsung dimasukan kedalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Tak hanya di lingkungan masyarakat, salah satu hotel yang mengadakan penyembelihan hewan kurban, juga menerapkan cara yang sama. Ketika daging kurban dibagikan pada warga, manajemen hotel membungkus daging dengan anyaman bambu.

Perubahan tersebut dilakukan menyusul surat edaran wali kota tentang meniadakan penggunaan kantong plastik saat Idul Adha.

“Masyarakat diimbau membawa tempat sendiri dari rumah. Ini memang jadi tantangan, tapi ini merupakan arahan dari pemerintah pusat,” tutur Edi Kamtono, Wali Kota Pontianak.

kebijakan tersebut diambil untuk mengurangi sampah plastik, yang sulit diuraikan. Ke depan, masyarakat diharapkan mulai paham, dan menerapkan kebiasaan baru ini secara terus-menerus.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Kurban #IdulAdha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x