Kompas TV bisnis kompas bisnis

Dunia Dirundung Resesi

Senin, 3 Agustus 2020 | 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bayang-bayang resesi dunia kian nyata. Sejumlah negara telah berguguran jatuh ke jurang resesi. Kini, giliran UNI Eropa yang mengalami nasib serupa.

Gara-gara, pandemi covid sembilan belas yang membatasi ruang gerak ekonomi. UNI Eropa terkena resesi

Dua kuartal berturut-turut, perekonomian UNI Eropa terkontraksi.

Yakni, minus 11,9 persen sepanjang April hingga Juni. Serta minus 3,2 persen pada kuartal sebelumnya.

Tidak hanya uni eropa. Sebelumnya beberapa negara telah lebih dahulu mengalami nasib serupa, yakni singapura, serta amerika serikat.

Hari ini indeks harga saham gabungan ditutup di zona merah. 

Meski menjadi salah satu sentimen penggerak pasar, resesi global tak akan menahan laju IHSG lebih dalam, pekan ini.

Hingga akhir tahun, satu per satu sektor ekonomi dibuka. Semua berlomba memacu pertumbuhan ekonomi. Namum, bayang-bayang gelombang dua penularan Covid-19 terus menghantui.

Untuk mengetahui lebih dalam soal resesi di Amerika Serikat, kita tersambung dengan Ekonom Indef di New York, Eisha M Rachbini.

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:49
KUASA HUKUM SUGI NUR RAHARDJA BERENCANA AJUKAN PENANGGUHAN KLIENNYA KE POLISI   BOM BUNUH DIRI DI SEBUAH PUSAT PENDIDIKAN DI IBU KOTA AFGHANISTAN, KABUL, MENEWASKAN 24 REMAJA   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH DAN ANGGOTA KERAJAAN BAHAS PERMINTAAN PM MUHYIDDIN YASSIN   POLRES METRO JAKBAR SITA SENJATA TAJAM SEBAGAI BARANG BUKTI 13 ORANG YANG DITANGKAP KARENA TAWURAN DI GREEN GARDEN   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 13 PEMUDA YANG TAWURAN DI JALAN PANJANG GREEN GARDEN, KEBUN JERUK   KETUA TAGANA PANGANDARAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN BELASAN RUMAH RUSAK PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,9   DIRLANTAS POLDA LAMPUNG MENGATAKAN DARI 17 AREA ISTIRAHAT DI TOL TRANS-LAMPUNG HANYA 9 YANG BEROPERASI   ANTREAN PADAT, PT KAI DAOP 1 JAKARTA IMBAU CALON PENUMPANG KERETA TIDAK TES CEPAT COVID-19 DI STASIUN KEBERANGKATAN   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   KPU KABUPATEN SEMARANG SEBUT DEBAT TERBUKA PASLON CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DILAKSANAKAN PADA 10 NOVEMBER 2020   KEMENKES PERIKSA 33.797 SPESIMEN KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TAMBAH 94, PASIEN KORONA MENINGGAL MENCAPAI 13.299   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DARI VIRUS KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT ADA 3.732 KASUS BARU KORONA PADA 25 OKTOBER 2020