Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Percaya Klaim Hadi Pranoto

Kompas.tv - 3 Agustus 2020, 18:35 WIB
kemenkes-minta-masyarakat-tidak-percaya-klaim-hadi-pranoto
Hadi Pranoto saat mencoba ramuan herbal yang diklaimnya bisa menyembuhkan Covid-19 (3/8/2020) (Sumber: KOMPASTV/ WULAN)
Penulis : Ninuk Bunski

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terkait informasi yang diragukan kebenarannya. Seperti halnya klaim Hadi Pranoto yang menyatakan telah menemukan obat Covid-19 dari ramuan herbal.

Demikian  Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Slamet menuturkan dalam keterangan tertulis, Senin (3/8/2020). “Lakukan saring sebelum sharing, bersikap kritis dan cari informasi dari sumber yang terpercaya,” tegas Slamet.

Tidak hanya menanggapi klaim Hadi Pranoto yang mengaku menemukan antibodi untuk obat Covid-19 di saluran youtube milik musisi Anji. Slamet juga meminta kepada seluruh figur publik untuk tak asal berbicara tentang Covid-19. Ia menilai, semestinya figur publik harus membantu mengedukasi masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

“Kepada seluruh pihak, khususnya tokoh publik, kami harap dapat memberikan pencerahan tentang Covid-19 kepada masyarakat dan bukan sebaliknya menimbulkan pro-kontra,” kata Slamet.

Slamet menegaskan hingga kini obat atau vaksin Covid-19 belum ditemukan baik oleh negara maupun lembaga. Sebelumnya Hadi Pranoto melalui saluran youtube musisi Anji mengklaim telah menemukan obat Covid-19. Dalam pernyataannya, Hadi Pranoto, meminta Pemerintah Pusat Gugus Tugas Covid-19 dan lembaga terkait seperti Kemenkes, BPOM, dan IDI untuk tidak mencemooh dan beropini negatif.

“Saya memohon sekali kepada IDI dan lembaga terkait untuk mengakomodir apa yang sudah kita temukan ini, jangan mencemooh kemudian jangan beropini yang enggak-enggak, sehingga membuat publik pun akan menjadi bingung,” kata Hadi seperti dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x